Berrsama Vokasi Pariwisata UI, KiosTix – Traveloka Sharing Peluang Industri Event dan Pariwisata di Era Digital

  • Bagikan

Finroll.com — Berrsama Vokasi Pariwisata UI, KiosTix – Traveloka Sharing Peluang Industri Event dan Pariwisata di Era DigitalFinroll.com — Saat ini dunia digital sudah semakin mempengaruhi dan mengubah perilaku masyarakat menjadi semakin real time, mobile, personal, dan interaktif.

Tren itu kemudian berpengaruh pada pola konsumsi, selera, dan gaya hidup setiap orang. Perubahan ini juga berdampak kepada hampir semua sektor industri. Hampir semua industri kini telah terdistrupsi menyesuaikan diri ke dalam platform industri digital.

Terutama untuk menyasar kaum milenial. Tak terkecuali terhadap industri event dan tourism di Indonesia.

Untuk itu, guna meningkatkan literasi, interaksi, dan kesadaran generasi milenial terhadap trend digitalisasi industri event dan tourism yang kini semakin berkembang dan diminati, KiosTix, bagian dari KiosGroup, -perusahaan manajemen tiket dan pertunjukan di Indonesia, bersama dengan Traveloka – perusahaan teknologi yang memfokuskan diri untuk melayani kebutuhan travel & lifestyle experiences booking dalam satu platform, memberikan sharing kepada para mahasiswa Program Vokasi, Universitas Indonesia (UI), mengenai prospek industri event dan tourism di Indonesia.

Kegiatan ini sejalan dengan acara roadshow Ruang Diskusi ke kalangan profesional dan mahasiswa Program Vokasi UI untuk berbagi pengetahuan ini.

“Hampir setiap pekan kita mendengar ada investasi dan akuisisi perusahaan-perusahaan start-up digital di Indonesia oleh para pemodal besar dengan nilai akumulasi investasi sangat tinggi.

Ini menandakan industri digital di Indonesia sangat prospektif. Tak terkecuali start-up digital seperti KiosTix dan Traveloka.

Apalagi industri event, seperti konser musik, pertandingan olahraga, dan MICE (meeting, incentive, conference, exhibition) di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat.

Yang bisa menjadi peluang pekerjaan dan karir bagus bagi mahasiswa dari jurusan vokasi pariwisata setelah lulus nanti,” ujar Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix pada acara diskusi di Kampus Vokasi UI(26/8).

KiosTix saat ini dikenal merupakan perusahaan tiket manajemen terbesar di Indonesia.

Mengambil tajuk “The Digital Future of Tourism & Event Industry” acara roadshow Ruang Diskusi edisi ke-3 dari KiosTix kali ini digelar sekaligus untuk acara menyambut mahasiswa baru UI, di gelar di Gedung C, Kampus Vokasi UI, Depok, Jawa Barat, pada 26 Agustus 2019, pukul 08.00 – 10.00 WIB.

Acara ruang diskusi ini menghadirkan pembicara; Sufintri Rahayu (Public Relation Director of Traveloka), Andhika Soetalaksana (VP Sales dan Partnership KiosTix), dan moderator Dr. Diaz Pranita, MM (dari Program Vokasi UI).

Selain dihadiri para mahasiswa UI, acara ini juga terbuka untuk awak media, dan warga Universitas Indonesia.

“Industri pariwisata di Indonesia, merupakan salah satu industri dengan peluang bisnis yang sangat baik. Potensi pengembangan industri ini masih sangat luas, dan kita beruntung dengan dukungan dari pemain maupun pemerintah kepada industri ini sangat kuat.

Apalagi saat ini Bapak Presiden Jokowi juga telah menjadikan pariwisata sebagai salah satu dari sektor prioritas pembangunan, sehingga masa depan jurusan pariwisata sangat prospektif.

Sebagai gambaran, saat ini ada lebih 40 juta pelanggan di Traveloka, dan setiap hari lebih 1 juta transaksi sektor pariwisata melalui Traveloka,” ujar Sufintri Rahayu, Public Relation Director of Traveloka, di sela-sela acara diskusi (26/8).

Menyikapi tren digitalisasi ini, Dr. Diaz Pranita, MM dari Program Vokasi Universitas Indonesia mengatakan, transformasi teknologi dan disrupsi ekonomi digital saat ini memang sudah merupakan keniscayaan yang merambah di semua sektor kehidupan. Sehingga yang perlu dilakukan adalah semua orang harus menyesuaikan dengan trend ini, termasuk pada industri pariwisata dan hiburan.

Dunia pendidikan kini juga telah berubah dan beradaptasi dengan trend ini. Diantaranya dengan membentuk program vokasi yang link and match dengan industri, dan siap membentuk SDM unggul yang siap menghadapi revolusi industri 4.0.

“Kami sangat berterima kasih kepada KiosTix dan Traveloka mau berbagi pengalaman tentang ini dengan para mahasiswa Vokasi UI. Ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bertanya dan mengenal langsung industri ini,” ujarnya pada acara diskusi.

Berbagai tren terbaru dalam industri event dan tourism di Indonesia dibahas di dalam diskusi ini.

Diantaranya tentang pengalaman KiosTix menangani event-event besar skala internasional dan nasional, perkembangan teknologi digital terbaru dalam manajemen event dan penjualan tiket, berubahnya pola konsumsi industri hiburan ke sistem virtual transaction, peluang profesi dalam tren industri hiburan saat ini, berbagi experienced dalam pembelian tiket pertunjukan secara online, dan agenda-agenda pertunjukan pada tahun ini. Sedangkan Traveloka banyak mengupas berbagai produknya yang kini terus berkembang.

Tentang KiosTix

KiosTix merupakan bagian dari KiosGroup, perusahaan manajemen tiket dan penyedia tiket pertunjukan terbesar di Indonesia.

Beberapa event skala internasional dan nasional yang pernah digarap oleh KiosTix diantaranya pemegang hak tunggal penjualan tiket Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang dihadiri lebih 1,3 juta penonton, Suzuki Asean Football Championship (AFC) 2016, Soundrenaline, Popcon Asia, Soundsations, Raisa Concert Intimate, Konser Trilogi, Kenny Concert in Jakarta, dan lain-lain.

Lebih 900 event telah dikerjakan oleh KiosTix, dan lebih dari 10 juta tiket telah dijual oleh KiosTix sejak berdiri pada 2012.

KiosTix juga adalah perusahaan pionir inovasi start-up Ticket Management System (TMS) di Indonesia, yang menghadirkan layanannya pada inovasi-inovasi teknologi digital terbaru dan terdepan.

Tentang Traveloka

Traveloka adalah perusahaan berbasis teknologi terdepan di kawasan Asia Tenggara yang menyediakan beragam produk perjalanan dan gaya hidup dalam satu platform.

Saat ini Traveloka menawarkan pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, paket pesawat dan hotel, aktivitas dan rekreasi, konektivitas, transportasi bandara, rental mobil, hingga direktori kuliner.

Traveloka telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 100 maskapai low-cost dan full service untuk rute domestik dan internasional, menghadirkan pilihan lebih dari 200.000 rute di Asia Pasifik dan Eropa.

Perusahaan ini memiliki akses inventori akomodasi terbesar di Asia Tenggara, yang bervariasi meliputi hotel, apartemen, guest house, homestay, resort dan villa.

Traveloka menawarkan lebih dari 40 opsi pembayaran lokal yang berbeda untuk konsumen di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina, serta pelayanan customer service yang bisa dihubungi 24/7 dalam bahasa lokal.

Aplikasi Traveloka telah diunduh lebih dari 40 juta kali, menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan yang paling populer di kawasan Asia Tenggara. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.press.traveloka.com.(red)

  • Bagikan
-->