Senin, 7 Oktober 2019

Desember, Tol Layang Jakarta-Cikampek Bakal Beroperasi


Finroll.com — Pekan kedua bulan Desember jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (elevated) bakal beroperasi, jalan yang dibangun di atas jalan tol eksisting Jakarta-Cikampek, saat ini sedang dalam tahap uji laik fungsi.

Jalan tol jembatan terpanjang di Indonesia itu jadwalnya akan dioperasikan untuk mendukung arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru mendatang.

M Agus Setiawan, Corporate Secretary PT Jasa Marga (Persero) Tbk,  mengatakan, jalan tol layang sepanjang 36,4 km itu saat ini tengah dalam proses uji laik fungsi dan uji laik operasi, sebelum dibuka untuk umum pada pekan kedua bulan Desember 2019.

“Kalau dari sisi konstruksi, selesai di akhir November (2019). Tapi kan nanti ada uji fungsi, uji laik beban. Jasa Marga berharap, (Tol Jakarta-Cikampek II Elevated) sudah bisa mendukung arus mudik dan arus balik Natal dan Tahun Baru,” ujar Agus, yang dilansir dari Ipotnews.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, pihaknya bersama dengan Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT ), tengah melakukan kajian terkait skema tarif pada ruas tol  elevated  tersebut. Meski belum diputuskan, namun kemungkinan besar tarif yang diberlakukan pada ruas tol itu nantinya merupakan tarif integrasi.

“Biasanya memang, setelah Kepmen (Keputusan Menteri) soal tarif diputuskan, itu ada masa sosialisasi. Masyarakat diedukasi untuk menggunakan ruas tol baru.

Kalau melihat dari tahapannya, ada kemungkinan, di saat tersebut (Masa Sosialisasi), biasanya masyarakat tidak dikenakan tarif,” jelas Agus.

Sementara Kepala Badan Pengatur Jalan TolKementerian PUPR Danang Parikesit sebelumnya mengatakan, ketentuan tarif untuk ruas tol Jakarta-Cikampek II  elevated  itu nantinya tidak akan keluar dari batas atas dan batas terendah yang diusulkan PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) dalam dokumen PPJT .

“Kalau tidak salah usulannya antara Rp 1.700-2.000 per km. Ini nanti akan kita rebalancing dengan yang ada di bawah tol (Tol Jakarta-Cikampek eksisting),” ujar Danang.

Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).(red)

CIMB NIAGA

BACAAN TERKAIT