Jumat, 7 Desember 2018

Berikut 5 Cara Mudah Kembangkan Bisnis Dengan Media Sosial


Finroll.com – Di tengah pesatnya era informasi yang serba canggih dan cepat saat ini, sebaiknya pelaku usaha (Pebisnis) harus bisa memanfaakan adanya media sosial dalam mengembangkan bisnisnya.

Apa-apa update status, posting, share, dan like. yah tak dapat bisa dipungkiri bahwa majunya perkembangan teknologi sangat mempengaruhi perubahan informasi. Sama halnya dalam dunia bisnis sekarang ini.

Masih promosi dari mulut ke mulut? atau masih mencetak brosur lalu menyebarnya, Sepertinya sudah bukan lagi zamannya!. Sekarang adalah zamannya online dan media sosial.

Terlebih apabila pasarnya mengarah ke anak muda “Milenial”. Tapi ingat anda harus memahami bagaimana pendekatan yang tepat dengan karakteristik generasi millenial.

Oleh sebab itu pebisnis harus menggunakan media sosial sebagai media saluran komunikasinya. Karena media sosial sudah mengubah cara berkomunikasi seseorang secara online di dunia maya dan juga menumbuhkan jaringan antar teman, keluarga serta rekan bisnis.

Sekarang ini platform media sosial sangat banyak pilihannya, diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter dll. Nah berikut cara memanfaatkan media sosial dengan tepat dalam berbisnis:

1. Pilih Platform yang Sesuai

Berikut 5 Cara Mudah Kembangkan Bisnis Dengan Media Sosial

Setelah menjalankan bisnis, mulailah menilik media sosial seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memilih Facebook sebagai platform-nya jika pasar Anda cukup luas. Mengapa?

Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, di mana lebih dari separuhnya menggunakan smartphone. Facebook merupakan salah satu pilihan yang berpotensi, mengingat pada tahun 2016 Facebook berhasil memperoleh pendapatan dari iklan mencapai US$ 26,9 miliar.

CIMB NIAGA

Tampak jelas bahwa Facebook sangat sering digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Namun Anda harus melihat kembali target pelanggan sebelum memilih Facebook sebagai media sosial pilihan bagi bisnis Anda.

Facebook sendiri terbukti memiliki pengguna yang beragam, di mana 32 persennya adalah wanita usia 25 hingga 54 tahun, dan 29 persennya adalah pria usia 25 hingga 54 tahun.

Apakah target usia pelanggan Anda sesuai dengan mayoritas pengguna Facebook? Jika iya, maka Anda bisa menggunakan Facebook sebagai salah satu cara untuk mengembangkan bisnis e-commerce.

Contoh lainnya adalah jika Anda membutuhkan media dengan live streaming dan mayoritas memanfaatkan gambar, maka Anda bisa memilih Instagram sebagai platform.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Instagram sendiri dilengkapi fitur-fitur unik seperti Instagram Story dan Instagram Live, sehingga Anda bisa memberikan info terbaru kepada konsumen Anda.

2. Manfaatkan SEO (Search Engine Optimiztion)

Media Sosial

Pernahkah Anda mencari sesuai menggunakan situs pencarian seperti Google? Misalnya saat Anda mengetik “bagaimana merencanakan keuangan” akan muncul laman seperti berikut ini:

Biasanya pengguna internet akan langsung membuka situs-situs di halaman pertama. Terlebih jika judulnya sudah sesuai dengan apa yang dicari. Tentunya malas membuka-buka hingga halaman kedua, ketiga, dan seterusnya bukan?

Dengan demikian, penting untuk bisa memunculkan situs Anda dalam halaman pertama. Nah, siapa yang mengatur mana situs yang diletakkan pada halaman pertama, kedua, dan selanjutnya pada situs pencarian? Bagaimana agar website dapat muncul di halaman pertama?

Jawabannya, Semua ini bergantung pada Search Engine Optimization (SEO). Dengan SEO yang tepat, maka bisnis Anda akan dengan mudah muncul pada halaman awal dalam situs pencarian. Alhasil, konsumen juga akan dengan mudah memilih Anda daripada bisnis lainnya. Yuk mulai manfaatkan SEO dalam media sosial Anda.

3. Bagikan Konten yang Unik

 

Media Sosial

Semakin menarik isinya, maka pelanggan akan lebih tertarik membacanya. Sehingga Anda perlu membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan, bahkan untuk membuat mereka membagikan (share) konten tersebut.

Selalu buat laman media sosial Anda menarik dengan berbagai macam post, dan jangan melulu mempromosikan produk atau jasa. Buat juga konten unik atau cerita yang mungkin masih ada hubungannya dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Apabila Anda tidak membuat konten baru dalam jangka waktu yang cukup lama, besar kemungkinan pelanggan akan merasa laman Anda sudah tidak aktif. Alhasil mereka akan berhenti mengecek update laman tersebut.

 

4. Berikan Promo Eksklusif

Media Sosial

Tentunya agar media sosial dilirik, Anda harus memberikan sesuatu yang berbeda bagi pelanggan yang tergabung dalam laman media sosial bisnis Anda.

Dengan demikian, media sosial bisa menonjolkan daya tariknya. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan info terbaru atau promo-promo menarik hanya via media sosial saja.

Dengan demikian, pelanggan akan bergabung di laman media sosial bisnis Anda untuk mendapatkan informasi eksklusif tersebut.

Apabila Anda memberikan informasi yang sama dalam media sosial dan platform lainnya, maka tidak ada yang membedakan beberapa platform tersebut. Alhasil pelanggan tidak tertarik bergabung dalam laman media sosial Anda.

Jika Anda memiliki beberapa media sosial sekaligus, caranya bisa dengan memberikan informasi berbeda pada tiap media sosial.

Dengan demikian, bukan hanya menambah subscriber atau follower, Anda juga bisa membedakan pelanggan sesuai karakteristiknya, mana yang lebih suka promo menarik, mana yang lebih suka info terbaru, mana yang lebih suka menunggu info bazar, dan sebagainya.

Data-data tersebut akan membantu Anda menyusun strategi pemasaran ke depannya. Menarik bukan?

 

5. Memberikan Layanan via Media Sosial

Media Sosial

Cara jitu kelima adalah untuk memberikan sarana bagi konsumen untuk memberikan feedback atau meng-input pertanyaan. Nah, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memberikan pelayanan dan berinteraksi dengan pelanggan.

Sebagai contoh pada Facebook ada fitur live chat, di mana Anda bisa menerima pertanyaan atau keluhan secara langsung. Fitur chat dalam Facebook dapat diandalkan dan terbukti bisa mengatasi banyak sekali pengguna, sehingga akan jauh lebih baik daripada ekstensi dari situs pribadi bisnis Anda.

Atau via instagram story di mana Anda bisa membuka polling atau memberikan kesempatan bagi konsumen untuk menyampaikan pertanyaannya.

(Refrensi Finansialku)

BACAAN TERKAIT