Anda Trader Pemula? 5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai Trading

  • Bagikan
finroll 5 hal yang wajib anda ketahui sebelum memulai trading3
finroll 5 hal yang wajib anda ketahui sebelum memulai trading3

Apakah Anda adalah trader pemula dan tertarik untuk masuk ke dunia trading? Jika iya, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal penting yang ada di dunia trading.

Sebagai trader pemula, ada 5 hal yang wajib Anda ketahui sebelum memulai trading. Simak list nya berikut ini.

1. Pastikan Anda menggunakan uang dingin

Apa maksud dari penggunaan uang dingin? Uang dingin adalah uang tabungan atau simpanan Anda yang tidak Anda gunakan secara aktif untuk kegiatan sehari-hari.

Penggunaan uang dingin untuk trading ini penting dikarenakan jika Anda menggunakan uang sehari-hari kalian untuk trading, tentu akan berisiko jika market sedang turun.

Jika market sedang turun dan Anda sudah tidak ada simpanan uang lagi, hal yang mungkin terjadi adalah jual rugi atau cut-loss.

Hal itu tentu akan membuat uang Anda semakin berkurang. Jadi, untuk bermain trading pastikan Anda sudah punya simpanan uang yang Anda siapkan khusus.

Jadi, jika sewaktu-waktu market sedang merah, Anda tidak panik karena Anda masih punya simpanan uang lainnya untuk kehidupan sehari-hari.

2. Manajemen keuangan

Jika Anda berencana untuk memulai trading, pastikan Anda sudah bisa mengatur keuangan yang Anda gunakan untuk trading.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki uang 150 juta khusus untuk trading, alangkah baiknya jika Anda membagi uang tersebut untuk trading di beberapa koin dengan porsi yang sama.

Tujuannya adalah jika Anda memasang 150 juta hanya pada 1 koin, hal tersebut akan berisiko jika harga koin tersebut ada di titik terendah.

Istilah yang biasa digunakan oleh para trader adalah all-in. Alangkah baiknya, jika Anda tidak all-in hanya di 1 koin saja.

3. Mengatur target profit

Mengatur target profit juga sangat penting di dunia trading. Mengatur target profit bertujuan agar Anda bisa mendapatkan profit yang Anda inginkan.

Sebagai contoh, setelah Anda memutuskan untuk memasang 10 juta rupiah di suatu koin, Anda ingin mendapatkan profit 20%. 20% dari 10 juta rupiah adalah 2 juta rupiah.

Sehingga, setelah uang Anda mencapai 12 juta rupiah, Anda harus segera menariknya karena sudah sesuai dengan target profit Anda.

Jika Anda tidak memasang target profit dan membiarkannya let it flow, hal tersebut kemungkinan akan merugikan Anda. Jika tadinya Anda sudah profit namun Anda ingin lebih profit lagi dan tiba-tiba market turun drastis, justru Anda tidak mendapatkan profit sama sekali.

Untuk menghindari tersebut, pasanglah target profit Anda.

4. Belajar menganalisa fundamental koin yang ingin dibeli

Sebelum memulai trading dan memutuskan koin apa yang ingin Anda beli, alangkah baiknya jika Anda menganalisa fundamental koin yang Anda tuju.

Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui seberapa baik fundamental koin tersebut lalu apa saja projek kedepan koin tersebut.

Semakin baik fundamental koin yang dituju, semakin aman juga koin yang Anda beli tersebut.

5. Belajar membaca grafik

Hal ini bisa Anda terapkan jika kalian memutuskan untuk mulai bermain trading. Grafik memang bukan sebuah acuan utama dalam bermain trading.

Namun, jika Anda bisa membaca grafik setidaknya Anda akan tahu grafik tersebut akan menuju ke arah atas atau ke arah bawah.

Jadi, Anda bisa mengira-ngira kapan waktu yang tepat untuk membeli dan kapan waktu yang tepat untuk menjual.

Sumber : portaljogja.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->