Kamis, 31 Januari 2019

Hari Ini Ratusan Ton Baja Indonesia di Ekspor ke Australia dan Sri Lanka


Finroll.com – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, hari ini melepas ekspor ratusan ton produk baja ke luar negeri.

Sebanyak 300 ton baja struktur akan menuju Sri Lanka, dan 400 ton plat baja juga meluncur ke Australia. Seluruh baja yang di ekspor merupakan produk PT Gunung Raja Paksi.

“Kenapa saya datang ke peluncuran ekspor ini, yang diperoleh dari ekspor kita berarti sekali bagi devisa dan neraca perdagangan,” ujar Mendag yang biasa disapa Enggar ini di acara peluncuran ekspor.

Ia menambahkan, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah menginstruksikan seluruh eksportir di Indonesia membuka pasar ke negara-negara lain. Para eksportir juga diminta mempertahankan pasar yang sudah terjangkau.

Dirinya meyakini dengan ekspor yang sudah berjalan, maka defisit neraca perdagangan Indonesia bisa diminimalisir.

Baca Lainnya: Pemerintah Mulai Batasi Pemakaian Impor Baja Mulai 20 Januari

“Pak Jokowi mengatakan neraca perdagangan, yang juga diperintahkan buka pasar baru dan jaga pasar tradisional,” sambungnya.

Enggar mengatakan ekspor Indonesia saat ini telah menunjukkan perbaikan. Dari data yang dihimpun oleh Kementerian Perdagangan, ekspor besi dan baja nasional mengalami kenaikan cukup signifikan.

Dari yang sebelumnya di tahun 2017 sebesar US$ 3,33 miliar,  menjadi US$ 5,75 miliar di tahun 2018. Jumlah ini diketahui naik sebesar 72,4%.

“Kinerja ekspor Indonesia perlahan mulai menunjukkan performa yang cukup baik, dan Kemendag terus melakukan penyesuaian berbagai kebijakan dan regulasi,” paparnya.

indonesia mining mineral recovery exhibition 2021

Sumber: Detik

BACAAN TERKAIT