Kamis, 2 Juli 2020

5 Sepeda Eksklusif Rancangan Produsen Mobil


Finroll.com, Jakarta –  Sepeda yang lagi tren semasa pandemi Covid-19 di Indonesia bukan barang baru dalam dunia otomotif. Sejak lama banyak merek global sudah mentransfer pengetahuan rancang mobil menjadi desain sepeda yang eksklusif.

Merek-merek yang merancang sepeda bukan sembarangan, melainkan produsen mobil mewah bahkan sampai supercar. Berikut lima merek otomotif yang sudah pernah merancang sepeda.

Ferrari

Sepeda buatan Ferrari. (Dok. Ferrari)

Nama Ferrari sangat dikenal sebagai penghasil supercar, namun merek berlambang kuda jingkrak ini juga menjual sepeda. Sepeda itu bernama SF01 Limited Edition Giallo Modena yang sesuai namanya dijual ekskluif hanya 120 unit.

SF01 cuma tersedia di Scuderia Ferrari Online Store. Sepeda ini diproduksi untuk memperingati Enzo Ferrari, pendiri tim balap Scuderia Ferrari yang menjadi tonggak sejarah Ferrari.

Sepeda ini dirancang bersama Bianchi, merek ikonis Italia urusan sepeda. SF01 sangat ringan, rangkanya dibuat dari material karbon yang beratnya cuma 780 gram.

Lamborghini

Bukan hanya Ferrari, Lamborghini juga memproduksi sepeda dengan jumlah terbatas. Pada Frankfurt Motor Show 1979, Automobili Lamborghini SpA pernah meluncurkan sepeda. Sepeda ini bukan dibuat di Italia, tetapi di Jerman oleh Lamborghini Bike International.

Sepeda Lamborghini diproduksi hanya berdasarkan pesanan, namun tetap dibatasi dengan jumlah maksimal 500 unit, mengutip situs resmi lambocars.com.

Mercedes-Benz

Sepeda buatan Mercedes-BenzSepeda buatan Mercedes-Benz. (Dok. Mercedes-Benz)

Pabrikan mobil Jerman, Mercedes-Benz, juga sempat merilis sepeda mewah dengan material kelas atas hasil kerja sama dengan Argon 18. Rangka sepeda berlambang Mercedes-Benz Style ini dibuat menggunakan karbon, kemudian setiap varian dapat dipesan dalam enam ukuran berbeda untuk penyesuaian individu.Mercedes-Benz

Bugatti

Sepeda rancangan Bugatti. (Dok. Bugatti)

Merek Bugatti bekerja sama dengan pembuat sepeda motor mewah Jerman PG menciptakan sepeda yang dikatakan paling ringan dan tercepat.

Sebesar 95 persen konstruksi sepeda ini menggunakan serat karbon, sementara bagian rangka dioptimalkan secara aerodinamis untuk kecepatan tinggi. Ada 667 unit sepeda yang dihasilkan dua produsen tersebut.

Jababeka industrial Estate

Mengenai harga, pada 2017 sepeda ini dibanderol US$39 ribu atau setara Rp559 juta jika menggunakan kurs Rp14.348, mengutip highsnobiety.com.

Toyota

Salah satu perwakilan Jepang, Toyota, juga pernah merancang sepeda dengan logo Lexus. Sepeda yang hanya diproduksi 100 unit itu dijual US$10 ribu atau setara Rp143 juta pada 2013.

Sepeda itu dirancang memakai material yang sama untuk memproduksi Lexus LFA yang hanya diproduksi 500 unit. Salah satu pejabat Toyota mengatakan sepeda ini cocok digunakan dalam ajang kompetisi, mengutip therecord.com.(cnnindonesia.com)

BACAAN TERKAIT