Selasa, 11 Desember 2018

Anies Baswedan Uji Coba Kereta MRT Dari Stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kesiapan kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dari rute Bundaran Hotel Indonesia (HI) ke depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ia didampingi oleh Direktur Utama PT MRT Wiliam Sabandar.

Finroll.com – Anies Baswedan menjelaskan, dengan kereta MRT rute Bundaran HI-Lebak Bulus dapat memakan waktu sekiranya 30 menit dengan kecepatan penuh saat dibawah tanah hingga ke atas permukaan. Namun, dalam uji coba itu hanya cukup 15 menit saja, karena tidak berhenti di tiap stasiun.

“Kalau sekarang ini full speed, bahkan tadi ada tanda bahwa kecepatan sudah maksimal,” ujarnya.

Diketahui selama perjalanan rute Bundaran HI – Lebak Bulus, kereta MRT tersebut melalui 13 stasiun pemberhentian.

Anies Baswedan

“Meskipun suara ada tapi goncangan karena patahan rel nggak ada. Bayangin dari Bundaran HI sampai Lebak Bulus 30 menit. Ini kita 15 menit tanpa berhenti,” terang Anies di dalam kereta MRT, yang dikutip dari tribunnews Senin (10/12).

Dia juga mengungkap guncangan yang terjadi lebih stabil dari sebelumnya. Sedangkan secara kenyamaman dan keakuratan waktu tempuh, cukup terbukti.

Anies pun mengatakan mulai bulan Januari dengan secara bertahap hingga Maret 2019, masyarakat DKI sudah bisa ikut merasakannya.

“Insya Allah mulai Januari secara bertahap masyarakat bisa coba,” terangnya.

Ketika proses peninjauan, kereta MRT masih dikendalikan oleh masinis. Namun setelah operasionalnya nanti, tak lagi memakai tenaga masinis alias otomatis.

Sementara untuk kecepatan tempuh, kereta MRT berjalan 80 km/jam, dan akan berkurang menjadi 40 km/jam bila melewati belokan.

CIMB NIAGA

“Saat ini kereta masih dikendalikan oleh orang, tapi nanti dalam operasional, otomatis, jadi nggak ada masinis. Sinyal bakal disiapkan,” terangnya.

Sang Gubernur mengakhiri peninjauannya saat kereta MRT tiba di Depo Lebak Bulus pukul 17.02 WIB.

Sebelumnya, MRT Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI dibangun sepanjang 16 km dengan memakan biaya sekitar Rp 16 triliun. Nantinya bakal ada lima titik Stasiun MRT seperti Bundaran HI, Stasiun Duku Atas, Stasiun, Sisingamangaraja, Stasiun Blok M dan Stasiun Lebak Bulus.

BACAAN TERKAIT