Minggu, 20 Juni 2021

Bangun TOD, Menhub Ingin Stasiun Bekasi Timur Terintegrasi


Financeroll, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun kawasan Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Bekasi Timur agar stasiun ini menjadi kawasan yang terintegrasi antara kawasan pemukiman dengan simpul-simpul transportasi publik.

“Di sini masih ada lahan sekitar 2,6 hektar yang akan kami bangun sebuah kawasan terintegrasi atau TOD. Dimana disini akan terintegrasi antara kawasan pemukiman, perkantoran, rumah sakit, dan area komersial, dengan simpul transportasi agar pergerakan masyarakat sekitar menjadi lebih efisien,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip Minggu (20/6/2021).

Dia mengatakan pembangunan TOD di Stasiun Bekasi Timur akan menggunakan skema pendanaan kreatif non APBN melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Selain di Stasiun Bekasi Timur, dia juga terus mendorong PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk membuat TOD di sejumlah stasiun di Jabodetabek.

Selain pembangunan TOD, Kemenhub akan membangun proyek infrastruktur transportasi yaitu proving ground di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi.

Dia mengajak pihak swasta untuk membangun kedua proyek tersebut. Kedua proyek itu akan dibangun dengan skema pendanaan kreatif non APBN melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Menurutnya, Kemenhub akan membuat fasilitas pengujian kendaraan bermotor yang lebih lengkap dari yang sudah ada di BPLJSKB saat ini dan juga berstandar internasional.

“Melalui pembangunan proving ground, Balai pengujian kendaraan di Bekasi ini nantinya akan menjadi tempat pengujian kendaraan bermotor berstandar internasional yang terbesar di Asean,” ujarnya.



Sumber / Bisnis.com

Jababeka industrial Estate

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT