Jumat, 30 November 2018

Bawa Fitur Toyota Safety Sense 2.0, Inilah Deretan Fitur Canggih Milik Toyota Corolla Sedan 2019


Toyota memperkenalkan model sedan baru dari keluarga Corolla dalam world premier di Pameran Guangzhou International Automobile (16/11/2018). Inilah generasi ke-12 dari Toyota Corolla yang sudah begitu terkenal di dunia.

Finroll.com – Model baru ini menjanjikan peningkatan kinerja yang dicapai oleh platform GA-C, termasuk model Sporty untuk pasar Amerika Serikat, Cina (Levin), Jepang, dan negara lain di dunia. Sedangkan model Prestige yang lebih mewah juga dijual untuk pasar Cina (Corolla), Eropa, dan negara atau wilayah lain tergantung tren dan kebutuhan di negara tersebut.

Toyota Corolla

Menariknya, untuk pasar China yang sangat besar, Toyota punya 2 nomenklatur yang diambil dari model Sporty dan Prestige. Untuk yang bergaya Sporty diberi nama Toyota Levin, sedangkan model Prestige nan mewah diberi nama Toyota Corolla.

Toyota Levin diambil dari nama salah satu produk turunan Toyota Corolla yang diproduksi medio 1972-2000 dan mendulang sukses sebagai salah satu ikon drifting berkat penampilan Toyota AE86 Trueno/Levin sebagai model sport 2 pintu yang merajai balapan di Jepang.

Memanfaatkan sasis gres TNGA (Toyota New Global Architecture) yang fleksibel dan adaptif, Corolla Sedan lebih besar ketimbang generasi sebelumnya. Bahkan mendekati dimensi Toyota Camry sebagai saudara tua.

Data dari versi China, baik Corolla maupun Levin punya panjang 4.640 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm. Sementara wheelbase keduanya berada di angka 2.700 mm.

Dimensi tersebut lebih panjang 10 mm, lebih lebar 5 mm, namun juga lebih rendah 45 mm dari model lawas. Untuk wheelbase tidak ada perubahan dimensi.

Baca Juga: BMW M2 Competition Resmi Masuk Pasar Otomotif Nasional

Tinggi tubuh yang turun lumayan drastis membuatnya terlihat lebih menapak aspal dan aerodinamis, serta lebih kuat nuansa sporty dan kokoh ala sportcar. Benefit lainnya, titik gravitasi jadi lebih rendah dan membuatnya lebih dinamis di jalan.

Penambahan panjang dan tinggi membuat kabin terasa lebih luas dan nyaman. Apalagi aplikasi sasis TNGA menciptakan dek yang lebih rendah sehingga tidak mengurangi head room walau tingginya dipangkas lumayan banyak.

Turunnya pusat gravitasi mobil meningkatkan keliatan sedan atraktif ini di jalan dan membuatnya terasa fun dan menantang. Apalagi bila bicara dapur pacu 2.000 cc 4 silinder yang ia manfaatkan.

CIMB NIAGA

Toyota Corolla

Dengan rasio kompresi 13:1, Corolla Sedan 2.0 menghasilkan tenaga 169 dk dan torsi 230 Nm. Untuk transmisi manual menggunakan rasio 6-speed. Dengan revisi pada kualitas material gigi lebih solid untuk mereduksi noise dan membuat perpindahan gigi lebih presisi.

Menariknya untuk transmisi CVT, Toyota mengadopsi gigi 1 ala transmisi otomatis biasa yang mengandalkan roda gigi dan torque converter. Selanjutnya setelah melaju, tugas meneruskan daya diserahkan pada puli transmisi CVT.

Pilihan lebih kecil adalah Toyota Corolla Sedan 1.8 yang mengandalkan mesin 1,800 cc 4 silinder bertenaga 139 dk dan torsi 170 Nm. Yang paling ditunggu sebenarnya mesin punya model hybrid. Namun baru akan dibuka saat ajang Los Angeles Auto Show 2018.

Sama dengan model hatchback yang telah hadir pertengahan tahun 2018, Toyota menyematkan pelek alloy 18 inci pada Corolla Sedan sehingga tampangnya kian agresif dan berotot.

Asyiknya, bermodalkan proporsi tubuh yang lebih rendah, posisi duduk pengemudi juga lebih rendah dan lebih ke belakang dari model lawas. Ini memberikan rasa berkendara layaknya mengemudikan mobil sport. Silencer besar di dek membuatnya lebih hening di jalan.

Baca Juga: Terlihat Canggih, Kabin MINI Cooper S Countryman Mewah!

Lainnya adalah sistem AC climate control pintar yang dapat menyemburkan udara segar ke kaca untuk mencegah timbunya kabut. Sistem stereo JBL stereo 9-speaker ditawarkan dengan menggunakan teknologi Clari-Fi yang dapat menganalisa dan mengembalikan detail audio yang hilang akibat kompresi file.

Toyota Corolla

Bermodalkan monitor 8 inci, tersedia kompatibilitas dengan Apple CarPlay. Dan Amazon Alexa untuk pasar Amerika Serikat, dan layanan di Eropa yang memungkinkan mobil dihubungkan ke operator dalam situasi darurat dan pengiriman kendaraan penyelamat berdasarkan lokasi mobil.

Toyota Corolla dan Levin hadir dengan fitur standar Modul Komunikasi Data Terintegrasi, komponen utama dari fitur Toyota Connect. Layanan terhubung ini akan diperkenalkan di semua model Toyota. Dengan menyediakan layanan real time dan akurat, serta menawarkan ketenangan bagi pengguna Toyota Corolla.

Tersedia serangkaian fitur konektivitas lengkap, termasuk pelaporan kecelakaan, pelaporan status kendaraan jarak jauh melalui aplikasi telepon, dan Wi-Fi on-board yang didukung oleh Verizon, serta layanan paripurna lainnya.

Toyota Corolla Sedan turut mendapatkan benefit dari fitur Toyota Safety Sense generasi 2.0. Di dalamnya terdapat sistem pra-tabrakan berbasis radar dan kamera dan cruise control adaptif.

Sistemnya juga memantau kondisi stop and go di model transmisi otomatis CVT. Memberikan peringatan saat mobil pindah jalur, bermodalkan fitur Lane Trace Assist yang membuat mobil bertahan di jalurnya.

Bahkan ada fitur auto-high-beam saat melalui jalan sangat gelap dan berpapasan dengan mobil lain, serta Road Sign Assist untuk menafsirkan dan menampilkan batas kecepatan, berhenti, dan membaca tanda lalu lintas lainnya.

BACAAN TERKAIT