HUT RI ke-76, Apa Saja Kontribusi KAI Selama Pandemi?

  • Bagikan
hut ri ke 76, apa saja kontribusi kai selama pandemi? 611a406088836.jpeg
hut ri ke 76, apa saja kontribusi kai selama pandemi? 611a406088836.jpeg

Financeroll, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus melakukan sejumlah adaptasi, inovasi, dan kontribusi demi memberikan rasa aman dan nyaman, baik bagi pelanggan maupun masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan untuk memaknai tema HUT RI ke-76 yaitu ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,’ KAI berkomitmen untuk tetap tangguh dan tumbuh pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Menurutnya, masa sulit akibat pandemi tidak membatasi KAI untuk memberi kontribusi lebih kepada bangsa. Pada periode awal pandemi, misalnya, KAI telah membagikan 10.000 voucer tiket kereta api jarak jauh secara cuma-cuma kepada guru dan tenaga kesehatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. 

“KAI juga memberikan bantuan senilai Rp328 juta untuk porter stasiun yang terdampak pandemi pada Mei 2021 lalu,” ungkapnya dalam siaran pers, Senin (16/8/2021).

Selanjutnya, kata Didiek, perseroan juga memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) dan ambulans demi membantu penanganan Covid-19 ke beberapa pemda. 

Terbaru, dia mengungkapkan KAI telah menggratiskan angkutan oksigen milik Kementerian Kesehatan sebanyak 80 ton melalui kereta api dengan rute Stasiun Tanjung Priok Jakarta menuju Stasiun Kalimas pada 5 Agustus 2021.

“Sebelumnya KAI juga menggratiskan pengiriman 122 ton oksigen dari Stasiun Kalimas, Surabaya menuju Stasiun Sungai Lagoa, Jakarta pada 16 Juli lalu. Anak perusahaan KAI, KAI Logistik, juga ikut memberikan layanan pengiriman gratis untuk angkutan oksigen ataupun tabung oksigen dan diskon khusus untuk pengiriman obat-obatan, APD, dan alat medis lain dengan menggunakan kereta api selama Juli 2021,” ujar Didiek.

Tak berhenti disitu, KAI bersama anak usahanya KAI Commuter menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pelanggan dan masyarakat di berbagai stasiun.

Didiek menyebut tujuan vaksinasi gratis di stasiun ini adalah agar pembentukan kekebalan tubuh secara komunal atau herd immunity di masyarakat dapat segera terwujud.

“Layanan vaksinasi Covid-19 gratis tersebut telah KAI Group sediakan di 24 stasiun kereta api. Jumlah stasiun yang melayani vaksinasi gratis ini akan terus ditambah agar semakin banyak masyarakat yang mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun,” imbuhnya.

Dia juga menambahkan selama pandemi, KAI membatasi jumlah maksimal pelanggan di dalam kereta yaitu 70 persen untuk rute jarak jauh, 50 persen untuk rute lokal, dan 32 persen untuk KRL. 

Seluruh upaya itu turut didukung dengan penerapan protokol kesehatan ketat di lingkungan stasiun, mulai dari mengecek suhu tubuh, menggunakan masker, hingga menjaga jarak.



Sumber / Bisnis.com
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->