Jelang Puncak Arus Balik, Lalu Lintas di Tol Trans Sumatra Meningkat 62,38 Persen

  • Bagikan

Financeroll, JAKARTA – Menjelang puncak arus balik, volume lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) telah mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan periode normal. Jumlah kendaraan yang melintas telah meningkat 62,38 persen.

PT Hutama Karya (Persero) Tbk. mencatat volume lalu lintas pada periode 3 Mei–6 Mei yang melintas di JTTS adalah sebanyak 793.053 kendaraan. Jumlah itu tercatat meningkat sebesar 62,38 persen jika dibandingkan dengan volume lalu lintas normal.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan pihaknya memproyeksikan akan terjadi peningkatan volume lalu lintas yang lebih besar pada puncak arus balik Lebaran pada 7 Mei dan 8 Mei.

“Selain pada ruas jalan tol yang beroperasi, Hutama Karya turut memfungsionalkan dua ruas yang sudah selesai tahap konstruksinya selama arus mudik dan balik Lebaran 1443 H, kami mencatat VLL arus balik pada Ruas Pekanbaru-Bangkinang sebanyak 20.714 kendaraan dan  Ruas Bengkulu-Taba Penanjung sebanyak 21.309 kendaraan,” ujarnya dalam keterangan resminya, Sabtu (7/6/2022).

Mengantisipasi arus balik, kata Dwi,  Hutama Karya juga telah menyiapkan beberapa rest area dari arah Palembang menuju Bakauheni di KM 20B, 33B, 49B, 87B, 116B, 172B dan 215B yang dapat digunakan para pengguna jalan untuk beristirahat sambill menunggu arahan petugas untuk dapat meSumberi area pelabuhan dengan tertib.

Selain itu, bekerja sama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), Hutama Karya menyediakan penjualan tiket Ferry di rest area km 87, 49 dan 20 Jalur B guna mengantisipasi terjadinya penumpukan akibat pembelian tiket kapal.

“Selain melalui Pelabuhan Bakauheni, pemudik bisa naik kapal melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dengan keluar via GT Bakauheni Utara atau melalui Pelabuhan Panjang dengan keluar via GT Lematang pada Km 74,” jelasnya.



Sumber / Bisnis.com
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->