Senin, 23 Agustus 2021

Mulai Beroperasi Besok, Tol Kelapa Gading–Pulo Gebang Gratis selama 2 Minggu


Financeroll, JAKARTA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menggratiskan tarif ruas Tol Kelapa Gading–Pulo Gebang sejak resmi dioperasikan pada 24 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB hingga dua pekan mendatang.

“Kami harapkan masyarakat segera menikmati ruas tol [Kelapa Gading—Pulo Gebang] ini yang mulai dioperasikan Selasa, 24 Agustus 2021, pukul 00.00 WIB. Pengoperasian jalan tol ini selama dua minggu ke depan masih belum bertarif dan belum berbayar,” isi keterangan dalam laman resmi BPJT, Senin (23/8/2021).

Dengan pengumuman tersebut, maka bisa dipastikan ruas tol yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo itu baru akan menerapkan tarif pada medio September 2021.

BPJT pun meminta masyarakat bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari pembebasan tarif ruas tol yang memiliki panjang 9,29 kilometer tersebut.

Seperti diketahui, Jalan Tol Kelapa Gading—Pulo Gebang merupakan bagian dari Jalan Tol Semanan—Sunter—Pulo Gebang sepanjang 29,67 kilometer.

Konstruksi jalan bebas hambatan tersebut dinilai akan menyerap investasi hingga Rp20,73 triliun dengan biaya konstruksi senilai Rp12,37 triliun.

Dalam jaringan enam ruas Tol DKI Jakarta, ruas selanjutnya yang siap dibangun adalah Semanan—Grogol sepanjang 9,5 kilometer. Ruas tersebut merupakan bagian dari jalan Tol Semanan—Kelapa Gading sepanjang 20,38 kilometer.

Adapun, ruas Duri Pulo—Kampung Melayu (12,56 Kilometer) dan Kemayoran—Kampung Melayu (9,6 kilometer) akan Sumber dalam konstruksi tahap II.

Sementara itu, ruas Ulujami—Tanah Abang (8,7 kilometer) dan Pasar Minggu—Casablanca (9,16 kilometer) akan Sumber pada konstruksi tahap III.

PT Jakarta Tollroad Development selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) enam ruas Tol DKI Jakarta memiliki saham tol tersebut hingga 99,9999 persen. Sementara itu, PT PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. dan PT Jakarta Propertindo memiliki saham masing-asing sekitar 0,00005 persen.

Jababeka industrial Estate

Pengembangan enam ruas tol tersebut dinilai cukup menarik, lantaran mayoritas pembiayaan jalan bebas hambatan tersebut berasal dari Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Simak berita lainnya seputar topik
artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt



Sumber / Bisnis.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT