Selasa, 26 Oktober 2021

Pemerintah Targetkan 4 Smelter Beroperasi Tahun Ini, 2 di Antaranya Siap Beroperasi


Financeroll, JAKARTA – Dua smelter atau pabrik pemurnian telah dinyatakan selesai pada kuartal III/2021. Targetnya, akan ada empat smelter yang selesai hingga akhir tahun.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa dua perusahaan yang telah menyelesaikan konstruksi fisik smelter adalah PT Smelter Nikel Indonesia di Banten, dan PT Cahaya Modern Metal Industri di Banten.

“Harusnya keempat smelter ini selesai 2021. Namun yang saat ini selesai secara fisik 100 persen adalah PT Smelter Nikel Indonesia dan PT Cahaya Modern Metal Industri,” katanya saat konferensi pers capaian kinerja kuartal III/2021, Selasa (26/10/2021).

Adapun, dua perusahaan yang masih dalam proses konstruksi pembangunan smelter adalah PT Aneka Tambang Tbk. atau Antam di Maluku Utara dan PT Kapuas Prima Citra di Kalimantan Tengah. Progres konstruksi smelter Antam sendiri telah mencapai 97,7 persen.

Ridwan menyebut bahwa Antam hanya perlu menyelesaikan masalah pasokan listrik, sehingga belum dapat beroperasi. Menurutnya, penyelesaian itu dapat dilakukan dengan kerja sama antara Antam dan PT PLN (Persero).

Selain itu, smelter PT Kapuas Prima Citra di Kalimantan Tengah telah terbangun 99,87 persen. Saat ini proses konstruksi sedang menunggu tenaga ahli dari China sebagai ahli proses smelter yang direncanakan datang pada bulan ini.

Di sisi lain, PT Smelter Nikel Indonesia telah telah berhasil melakukan uji coba produksi. Saat ini kegiatan perusahaan berhenti sementara karena kekurangan dana untuk operasi.

Pemerintah sendiri menargetkan pembangunan 53 smelter pada 2024. Tahun ini, pemerintah membidik pembangunan 23 smelter melalui pembangunan empat smelter pada tahun ini. 



Sumber / Bisnis.com

CIMB NIAGA

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT