Perubahan Pola Operasi KRL Line Bogor dan Bekasi Berlaku untuk Jangka Panjang

  • Bagikan

Financeroll, JAKARTA — PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menegaskan bahwa penyesuaian pola operasi KRL setelah switch over atau SO 5 di Stasiun Manggarai, Jakarta, bersifat jangka panjang alias permanen sampai dengan ada perubahan berikutnya.

Adapun, perubahan yang dimaksud yakni pola operasi commuter line Bogor dan Bekasi/Cikarang sekaligus pola transit di Stasiun Manggarai.

“Ini untuk jangka panjang,” tegas VP Corporate Secretary Anne Purba di Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Malam ini, KAI Commuter akan melaksanakan rekayasa pola operasi untuk menyiapkan SO 5 mulai dari pukul 20.00 WIB sampai dengan besok pagi. Pada Sabtu (28/5/2022), pola operasi baru akan sudah diterapkan.

Sesuai dengan perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) per 28 Mei, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo–Jakarta Kota pp via Stasiun Manggarai.

Sementara itu, pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan dua skema yakni full racket Cikarang/Bekasi pp via Manggarai atau Pasar Senen, dan Half Racket Cikarang/Bekasi–Kampung Bandan/Angke pp via Manggarai.

Adapun untuk KRL lintas Rangkasbitung dan lintas Tangerang, perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta, serta KA Jarak Jauh tidak terjadi perubahan.

Perjalanan KA lintas Bogor/Depok/Nambo akan dilayani di lantai 2 Stasiun Manggarai peron 10-13, lintas loop line Cikarang/Bekasi dilayani di lantai dasar peron 6 dan 7, dan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dilayani di lantai dasar peron 8 dan 9.

Oleh sebab itu, pengguna KRL dari Bekasi/Cikarang ke arah Jakarta Kota yang sebelumnya menggunakan satu perjalanan, sekarang harus melakukan transit di stasiun Manggarai.

Begitu pula pengguna KRL Bogor/Depok/Nambo ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri juga harus melakukan transit di stasiun Manggarai.

Anne menyampaikan bahwa sudah menambah petugas KAI Commuter selama masa adaptasi terhadap pola operasi baru, dan telah menempel rute baru di stasiun-stasiun. Selain itu, tangga, lift dan eskalator untuk naik/turun penumpang transit di Stasiun Manggarai sudah disiapkan.

“Tapi kami berharap kerja sama dari para pengguna jasa commuter line agar mengutamakan penggunaan lift dan eskalator bagi mereka yang sangat membutuhkan,” pesan Anne.



Sumber / Bisnis.com
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->