Rabu, 31 Oktober 2018

Sejarah Panjang Honda Dari Masa Krisis Hingga Masa Jaya


Honda adalah perusahaan yang memproduksi mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang. Ternyata Honda pernah mengalami krisis yang melanda perusahaannya.

Finroll.com – Simak yuk guys sejarah berdirinya perusahaan raksasa milik HONDA ini.

Honda yang kita kenal sekarang adalah perusahaan yang sudah mendunia. Namun, ternyata Honda juga pernah mengalami krisis yang melanda perusahaannya. kalian semua mau tau bagai mana sejarahnya perusahaan ini bisa menjadi sebesar sekarang?

Honda didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak tahun 1959, dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahunnya.

Saat merintis bisnisnya Soichiro Honda selalu diliputi kegagalan. Ia sempat jatuh sakit, kehabisan uang, dikeluarkan dari kuliah. Namun ia trus bermimpi dan bermimpi.

Ayahnya bernama Gihei Honda seorang tukang besi yang beralih menjadi pengusaha bengkel sepeda, sedangkan ibunya bernama Mika, Soichiro anak sulung dari sembilan bersaudara, namun hanya empat yang berhasil mencapai umur dewasa. Yang lain meninggal semasa kanak-kanak akibat kekurangan obat dan juga akibat lingkungan yang kumuh.

Walaupun Gihei Honda miskin, namun ia suka pembaharuan. Ketika muncul pipa sigaret modal Barat, ia tidak ragu-ragu mengganti pipa cigaret tradisionalnya yang bengkok, tidak peduli para tetangganya menganggapnya aneh. Rupanya sifat itu dan juga keterampilannya menangani mesin menurun pada anak sulungnya.

Sebelum masuk sekolah pun Soichiro sudah senang, membantu ayahnya di bengkel besi. Ia juga sangat terpesona melihat dan mendengar dengum mesin penggiling padi yang terletak beberapa kilometer dari desanya.

Di sekolah prestasinya rendah. Honda mengaku ulangan-ulangannya buruk. Ia tidak suka membaca, sedangkan mengarang dirasakannya sangat sulit. Tidak jarang ia bolos.

“Sampai sekarang pun saya lebih efisien belajar dari TV daripada dari membaca. Kalau saya membaca, tidak ada yang menempel di otak,” Ungkap Honda.

Sejarah Panjang Honda

Selama hidupnya Honda terkenal sebagai penemu. Ia memegang hal paten lebih dari 100 penemuan pribadi. Yang pertama, ditemukannya ialah teknik pembuatan jari-jari mobil dari logam. Ketika itu mobil-mobil di Jepang memakai jari-jari kayu yang mudah terbakar. Perusahaan-perusahaan Jepang segera mengekspor jari-jari logam itu sampai ke India. Pada umur 25 tahun ia memperoleh keuntungan 1.000 yen sebulan.

ina palm 2021

Selama sejarahnya, perusahaan Honda hanya pernah mengalami pemogokan sekali pada tahun 1954. Ketika itu Honda dan manajemen di satu pihak menghadapi pekerja-pekerja dan adik Honda di Pihak lain. Tetapi sebagai layaknya perusahaan di Jepang semuanya itu diselesaikan dengan musyawarah.

sampai pada akhirnya Honda membuat sepeda motornya yang pertama, yang terbilang sukses. Namun masalah finansial mengancam usahanya. Soichiro memang seorang penemu dan mekanik yang hebat namun tidak pandai mengelola keuangan. Hal inilah yang kemudian mempertemukan dengan Taeko Fujisawa.

Di kancah produksi massal, Honda menelurkan produk yang sangat disukai pasar, hemat bahan bakar, dan berkecepatan tinggi, yang menjadi trade mark Honda sampai dengan saat ini. Ketika Soichiro pensiun pada tahun 1973, ia menyerahkan puncak pimpinannya kepada Kiyoshi Kawashima, dan menjadi “penasehat tertinggi” pada 1983.

Soichiro meninggal pada tahun 1991 di usia 84 tahun akibat penyakit liver. Meninggalkan istrinya, Sachi dan seorang anak laki-laki serta dua anak perempuan.

Komentar

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

BACAAN TERKAIT