Senin, 27 Juli 2020

Varian Baru CBR250RR SP Quick Shifter, Lebih Mahal Rp15 juta


Finroll – Jakarta, Astra Honda Motor (AHM) merespons peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R dengan meluncurkan varian baru CBR250RR dengan tambahan fitur Quick Shifter dan Assist/Slipper Clutch pada Jumat (24/7). Varian baru bernama CBR250RR SP ini dijual Rp76,7 juta, lebih mahal Rp10 jutaan dari varian lainnya.

AHM menjelaskan Quick Shifter ‘mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling’.

Honda CBR250RR SP yang dibekali quick shifter dan assist/slipper clutch meluncur pada 24 Juli 2020.(Astra Honda Motor)

Secara umum quick shifter adalah fitur yang membuat penggantian gigi transmisi manual ke atas dan ke bawah tanpa perlu menekan pedal kopling. Fitur yang diadaptasi pada motor produksi massal dari teknologi balapan ini memudahkan pengendara karena penggantian gigi bisa dilakukan lebih cepat dan bisa tanpa jeda.

Quick Shifter pada CBR250RR SP punya empat mode, yaitu untuk naik dan turun gigi, naik gigi saja, turun gigi saja, dan bisa tidak diaktifkan.

Sementara Slipper Clutch dijelaskan AHM sebagai fitur yang ‘berfungsi untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim’.

Slipper Clutch atau yang dikenal juga dengan sebutan back-torque limiter adalah kopling spesial yang berguna mencegah efek engine brake saat kecepatan motor berkurang drastis. Fitur yang juga dikembangkan di arena balap ini bertugas mencegah kelebihan putaran mesin dan roda belakang mengunci saat pengereman.

Selain kedua fitur tersebut AHM juga terpantau telah menambah sedikit tenaga dan torsi pada mesin 2-silinder 250 cc DOHC milik CBR250RR. Kini tenaganya diklaim 40 hp dan torsi 25 Nm, pada versi mesin sebelumnya menghasilkan 38 hp dan torsi 23 Nm.

Honda CBR250RR SP yang dibekali quick shifter dan assist/slipper clutch meluncur pada 24 Juli 2020.(Astra Honda Motor)

CBR250RR SP tersedia tiga pilihan warna, yakni Bravery Red Black, Honda Racing Red dan juga Special Edition Garuda x Samurai buat memperingati 17 Agustus. Kedua warna pertama dijual Rp76,7 juta, namun khusus untuk harga pilihan warna perayaan Hari Kemerdekaan akan diumumkan kemudian.

Harga CBR250RR SP lebih mahal Rp15 juta ketimbang varian paling rendah CBR250RR, STD Black Freedom, yang dilego Rp61,6 juta. Sedangkan varian lain CBR250RR, yaitu STD Man Gunpowder, STD Bravery Mat Red, STD Honda Racing Red masing-masing dijual Rp66,1 juta.

Sumber : CNN Indonesia

Jababeka industrial Estate

BACAAN TERKAIT