Rabu, 9 Januari 2019

Keren! Jembatan Penyebrangan Warna-warni Ini Lagi Hits di Jakarta


Finroll.com  – Akhir-akhirnya terdapat sebuah tempat baru yang menjadi favorit para netizen untuk mengambil foto di Jakarta. Jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Dr Sumarno, Jakarta Timur, menjadi tempat yang “hits” untuk berfoto saat ini.

JPO ini didesain artistik dengan lampu warna warni di kedua sisinya. Lampu warna warni tersebut akan berganti warna setiap lima detik sekali. Dilihat dari luar, tiang penyangga atap JPO tersebut berbentuk segitiga secara berjejeran.

JPO dengan arsitektur modern, namun tidak melupakan unsur budaya Betawi di dalamnya, membuat jembatan penyeberangan tersebut tampak lebih indah, dibanding JPO lainnya.

Sisi modern dari JPO Sumarno dapat dilihat dari adanya lift, yang dapat digunakan oleh para penyandang disabilitas, lansia, atau ibu hamil untuk menyeberang melewati jembatan tersebut.

Sedangkan sisi kebudayaan Betawi, terlihat dari adanya ornamen-ornamen nuansa warna didominasi biru dan merah muda pada bagian pagarnya.

Pemprov DKI Jakarta memang gencar membangun JPO yang memenuhi keinginan warganya. Ada dua pembangunan JPO serupa di Jalan Sumarno ini. Yakni, ada di daerah Jalan Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta Barat. Untuk pembangunan JPO dikabarkan menelan anggaran Rp11,7 miliar.

 

BACAAN TERKAIT