Tahun ini Jasa Marga Incar 3 Jalan Tol Baru, Apa Aja?

  • Bagikan

Financeroll, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. tengah mengincar untuk mendapatkan hak pengusahaan baru untuk tiga ruas jalan tol yang akan dimulai proses lelang oleh Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan pihaknya saat ini tengah fokus untuk menyelesaikan konstruksi jalan tol yang telah dimiliki hak konsesinya agar dapat beroperasi sesuai dengan target yang direncanakan.

Di samping itu, pada tahun ini Jasa Marga bersama konsorsium sedang dalam tahap persiapan proses lelang (tahap penawaran) mulai dari mempersiapkan dokumen administrasi hingga dokumen teknis untuk Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat.

Selain itu, Jasa Marga juga menargetkan untuk dapat memperoleh hak pengusahaan Jalan Tol Akses Patimban dimana Jasa Marga bersama Konsorsium sebagai single bidder saat ini telah menyampaikan proposal penawaran kepada Panitia Lelang BPJT Kementerian PUPR.

“Jasa Marga juga ikut serta dalam lelang pengusahaan Jalan Tol Bogor-Serpong bersama dengan Konsorsium yang saat ini masih dalam tahap prakualifikasi,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (3/6/2022).

Lisya mengatakan untuk tahun ini perseroan optimistis dengan tren kinerja pada bisnis jalan tol mengingat telah pulihnya kegiatan ekonomi masyarakat seiring dengan mulai terkendalinya penyebaran Covid-19 di dalam negeri dan juga penurunan status PPKM.

Adapun, pada kuartal I/2022 perseroan mencatatkan pendapatan 16 persen lebih tinggi dibandingkan periode kuartal I/2021.

Sementara itu, Jasa Marga mencatatkan volume lalu lintas (VLL) pada Jalan Tol Jasa Marga Group adalah sebanyak 3,17 juta kendaraan, naik sebesar 12,8 persen dibandingkan dengan kuartal I/2021. VLL tertinggi tercatat di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Peningkatan mobilitas di ruas jalan tol Jasa Marga Group seiring dengan kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi serta beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif.

“Kami berharap, performa ini dapat kami pertahankan sampai dengan akhir tahun nanti. Kami optimis hal ini akan tercapai, seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin pulih dan juga peningkatan volume lalu lintas yang sudah jauh lebih baik,” jelasnya.



Sumber / Bisnis.com
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->