Jumat, 1 Februari 2019

Lima Sektor Industri Ini Diprediksi Makin Bergairah di Tahun Politik


Finroll.com – Kementerian Perindustrian memprediksi ada lima sektor industri yang makin bergairah di tahun politik saat ini.

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Imam Haryono menyebutkan kelima sektor industri yang dimaksud.

“Sektor industri seperti industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, kulit, barang dari kulit dan alas kaki diprediksi mengalami kenaikan pertumbuhan tahun ini,” ujarnya dalam Seminar Outlook Ekonomi di Kemenperin Jakarta, Kamis (31/1) lalu.

Ia merinci, industri makanan dan minuman diproyeksi tumbuh hingga 9,86%, selanjutnya industri mesin dengan 7%, industri tekstil dan pakaian jadi 5,61%.

Kemudian industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki sebesar 5,4%, lalu industri barang dari logam, elektronika dan komputer 3,81%.

Baca Lainnya:

Untuk proyeksi pertumbuhan di periode 2020 hingga 2024, sektor Industri informasi, teknologi, dan komunikasi (ICT) juga diproyeksikan menjadi pertumbuhan yang paling tinggi sebesar 10,84-11,62%.

Selanjutnya disusul oleh industri transportasi yang diperkirakan tumbuh sekitar 8,68-9,11%. Industri jasa keuangan juga diproyeksikan tumbuh 7,15-7,84%, dan industri manufaktur diperkirakan masih mampu tumbuh di kisaran 5,4-7,05%.

Imam menambahkan di pada tahun 2019, iklim perekonomian Indonesia masih dipengaruhi sejumlah isu penting, yakni Pemilihan Presiden, perjanjian perdagangan Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) hingga perang dagang Amerika-China.

Sumber: Berbagai sumber

Jababeka industrial Estate

BACAAN TERKAIT