Kamis, 20 Mei 2021

BI Diprediksi Pertahankan Suku Bunga 3,5 Persen Hingga Akhir Tahun


Financeroll, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sepanjang 2021 di level 3,5%. 

Head of Macroeconomic & Market Research Bank Mandiri Dian Ayu Yustina mengatakan hal tersebut disebabkan oleh sudah sempitnya ruang pergerakan BI untuk terus menurunkan suku bunga.

“Karena current rate-nya 3,5 persen itu sudah yang terendah sepanjang [sejarah] jadi kemungkinan masih akan dipertahankan hingga akhir tahun,” jelas Dian dalam Media Gathering: Economic Outlook & Industry 2Q21, Rabu (19/5/2021).

Menurut Dian, langkah yang diambil BI dalam menurunkan suku bunga hingga di level terendah sepanjang sejarah tidak lepas dari upaya penyesuaian terhadap kebijakan The Fed.

Volatilitas di pasar keuangan yang telah terjadi sejak awal tahun seiring dengan pemulihan ekonomi di Amerika Serikat, menjadi salah satu hal yang diperhatikan BI selain proyeksi pertumbuhan ekonomi dan tekanan inflasi.

Adapun, Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan Amerika Serikat juga tengah menghadapi tantangan dalam mengendalikan ekspektasi tingkat inflasi, yang mengacu pada kebijakan suku bunga acuan dari The Fed.

“Sepanjang 2021 ini, isu kalau dari sisi Amerika Serikat apakah nanti benar ekonomi [AS] akan sangat dengan cepat kemudian mendorong angka inflasi di atas target The Fed,” ujar Andry.

Menurutnya, kini pasar tengah menunggu respon kebijakan moneter dari The Fed terkait suku bunga acuan. Pasalnya, tingkat vaksinasi di AS kini semakin meningkat secara agresif.

Konten Premium

Sumber / Bisnis.com

CIMB NIAGA

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT