简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский

Penyalahgunaan Data Prakerja

  • Bagikan
Finroll_Prakerja

Program Prakerja banyak diminati  oleh Masayarakat Indonesia, pasalnya Program ini sangat membantu untuk masyarakat yang belum bekerja atau terkena PHK selama masa pandemi COVID 19. Hal ini membuat beberapa oknum memanfaatkan untuk melakukan penipuan dalam proses pendafataran Kartu Prakerja.

Oknum tersebut dengan sengaja memanfaatkan kondisi ini untuk mengambil keuntungan pribadi. Mereka menjalankan berbagai bentuk penipuan dengan modus Kartu Prakerja.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara mendeteksi penipuan yang dimaksud.

Penipuan Kartu Prakerja

Sejak diluncurkan pada Maret 2020, Kartu Prakerja selalu disambut hangat oleh masyarakat. Hingga kini, sudah ada total 11 gelombang pendaftaran program pemerintah tersebut.

Tahun ini, program Kartu Prakerja masih akan berlanjut. Program ini akan dimulai dengan gelombang 12 yang dibuka pada Januari 2021.

Apakah kamu tertarik untuk mendaftarkan diri? Jika iya, kamu perlu berhati-hati. Pasalnya, banyak orang sudah menjadi korban penipuan Kartu Prakerja.

Biasanya, penipuan tersebut bermula dari pesan berantai atau broadcast di WhatsApp. Pesan tersebut menyertakan link pendaftaran Prakerja yang ternyata palsu.

Sebagai contoh, seperti ditulis CNBC Indonesia, terdapat pesan yang menyebutkan bahwa https://dashboard.prakerja12.xyz adalah situs resmi pendaftaran Kartu Prakerja.

Lebih dari itu, situs tersebut juga menawarkan bantuan biaya sebesar Rp600 ribu bagi pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang butuh meningkatkan skill-nya.

Tawaran tersebut tentu saja menggiurkan. Banyak orang yang mengklik dan mendaftarkan diri pada link itu.

Padahal, situs resmi untuk mendaftar Kartu Prakerja adalah prakerja.go.id.

Data diri yang kamu masukkan di situs palsu tersebut berpotensi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kemenkop UKM dalam situs prakerja mengungkapkan:

Kami mengimbau para pendaftar untuk berhati-hati akan adanya situs-situs lain yang berjudul mirip (seperti Prakerja.id) yang tidak terafiliasi dengan program ini sama sekali.

Kami juga meminta para pendaftar untuk berhati-hati jika menerima email dari alamat domain yang bukan prakerja.go.id. Mohon agar email-email seperti itu diabaikan atau dilaporkan sebagai spam.

Jadi, selalu perhatikan domain dengan detail, ya. Apabila domain yang tertulis bukan prakerja.go.id, bisa dipastikan itu adalah penipuan prakerja.

Bagaimana Jika Ada Hal yang Mencurigakan?

Penipuan Kartu Prakerja memang sulit dihindari. Siapa pun bisa saja bertemu penipuan dengan modus tersebut, termasuk kamu.

Oleh karena itu, kamu wajib berhati-hati terhadap semua pesan yang berkaitan dengan Kartu Prakerja.

Lantas, bagaimana jika suatu saat kamu menerima pesan yang mencurigakan?

Menurut Head of Communications Prakerja Louisa Tuhatu seperti dikutip Liputan6, kamu bisa melaporkan situs mencurigakan tersebut.

Jangan ragu untuk menghubungi customer service Kartu Prakerja di nomor bebas pulsa 0800-150-3001.

Dengan demikian, pihak Prakerja bisa segera mengambil tindakan untuk melaporkan situs tersebut.

Sebenarnya, lanjut Louisa, pihak manajemen Kartu Prakerja telah melaporkan berbagai kasus penipuan ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim).

Langkah ini diambil akibat meresahkan masyarakat.

Meski demikian, kamu tetap harus berhati-hati. Sebab, bisa saja banyak situs palsu baru yang bermunculan.

Kesimpulannya, selalu pastikan bahwa link yang kamu klik memang resmi milik pemerintah, yakni prakerja.go.id. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari penipuan Kartu Prakerja.

Sumber : Glints.com

  • Bagikan
简体中文EnglishBahasa Indonesia한국어Русский
-->