Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Sinergi BUMN Untuk Majukan UMKM

  • Bagikan

Finroll.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, peran UMKM menjadi sangat penting dalam ekonomi nasional. Hal ini dikarenakan, sektor UMKM bisa menyerap tenaga kerja cukup banyak, sehingga diperlukan sinergi dari berbagai pihak.

“Dari sisi total usaha di Indonesia, UMKM mengambil peran sekitar 98 persen. Di sisi tenaga kerja, sekitar 96 persen bekerja di UMKM,” ujar Sri di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta (31/10), yang dikutip dari Katadata.co.id.

Sektor UMKM juga berkontribusi besar terhadap PDB negara sebesar 60 persen. “Tentu jumlahnya sangat besar, oleh karena itu kalau kita mau sinergi untuk perkuat UMKM, maka kita bisa lihat dampaknya ke tenaga kerja, PDB, dan investasi,” sambungnya.

Baca Lainnya: Dibuka Menguat, IHSG Naik Tipis 0,02% Pada Perdagangan Sesi 1

Perkuat pendampingan UMKM dengan program RKB

Untuk itu, Direktorat Jenderal Pajak bersama dengan PT Bank BRI (Persero), PT Telkom Indonesia (Tbk), PT Bank BNI (persero), PT Bank BNI (persero), PT Bank BTN (persero), dan PT Bank Mandiri (persero), dalam kesempatan yang sama melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama pengembangan UMKM melalui program Rumah Kreatif BUMN (RKB). Selain itu, juga dilakukan Business Development Service DJP.

Ditjen Pajak juga akan memberikan pelatihan dan bimbingan terkait materi perpajakan, pembukuan, dan lainnya. Program RKB sendiri adalah perluasan dari program Business Develompment Services, yang dimulai sejak tahun 2015.

“Saya lihat program pembinaan ini penting. Kami lihat sudah saatnya UMKM mengerti digitalisasi,” ujar Menteri BUMN, Rini Soemarno.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->