Gubernur BI Optimistis Nilai Tukar Rupiah Tahun Ini Menguat, Ini Alasannya

  • Bagikan
Gubernur BI Optimistis Nilai Tukar Rupiah Tahun Ini Menguat, Ini Alasannya

Finroll.com – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo merasa optimistis nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bisa menguat sepanjang tahun ini.

“Kami memandang bahwa nilai tukar rupiah ke depan stabil dan cenderung menguat,” ujar Perry di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/1).

Perry menyebut setidaknya ada empat faktor yang bisa menyebabkan nilai tukar rupiah diprediksi menguat di sepanjang 2019.

“BI memandang nilai tukar stabil dan cenderung menguat, ada empat faktor yang melandasi nilai tukar tadi,” imbuhnya.

Pada faktor pertama, ia menyebut ketidakpastian global saat ini tingkatannya lebih lemah dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan suku bunga The Fed juga diperkirakan hanya terjadi dua kali.

Baca Lainnya: Gubernur BI Ungkap 4 Hal yang Sebabkan Rupiah Dekati Rp14 Ribu Pagi Ini

“Karena kenaikannya hanya sebanyak dua kali, sehingga tingkat kenaikannya lebih rendah dari tahun sebelumnya,” sambungnya.

Faktor selanjutnya ia melihat tingkat kepercayaan investor terhadap kondisi perekonomian tanah air pun terus meningkat. Hal tersebut bisa terlihat dari masuknya aliran modal asing sejak kuartal IV-2018.

Perry menyebut pada faktor ketiga, terdapat fundamental perekonomian dalam negeri yang kuat. Hal ini dilihatnya berasal dari pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, inflasi yang rendah sampai defisit anggaran yang lebih rendah dari target.

Di faktor yang terakhir, terdapat mekanisme pasar yang semakin baik. Sehingga Perry menilai mekanisme pasar inilah yang akan mendukung stabilitas rupiah hingga tutup tahun.

Sumber: Detik Finance

  • Bagikan
-->