Rabu, 14 Juli 2021

Akui Kripto Punya Potensi Unik, Inggris Ubah Cara Pendekatan


Laporan Stabilitas Keuangan terbaru Bank of England (BoE), yang dirilis dua kali setahun, mengakui bahwa peningkatan aksi perdagangan crypto dan volatilitas harga pada tahun 2021 menandakan bahwa sektor ini menyimpan kantong-kantong kegembiraan yang potensial.

Laporan tersebut mencatat bahwa cryptocurrency pasar teratas, Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH), mengalami apresiasi tajam dalam nilai selama 12 bulan hingga April 2021 dan penurunan berikutnya sekitar 50% pada bulan Mei telah membuat mereka sangat fluktuatif, dengan harga condong ke sisi bawah pada bulan lalu.

Namun, ketika menyangkut risiko yang ditimbulkan oleh semua ini untuk stabilitas keuangan, bank sentral mengambil garis yang relatif optimis.

Laporan tersebut merangkum posisi bank sentral dan kemungkinan pergeseran yang perlu terjadi agar posisi ini berubah di masa depan.

“Intelijen pasar menunjukkan aset kripto sebagian besar dipegang oleh investor ritel, dengan investor institusional memiliki eksposur terbatas saat ini. Namun, ada beberapa tanda meningkatnya minat pada aset kripto dan layanan terkait dari investor institusi, bank, dan operator sistem pembayaran utama. Perkembangan ini dapat meningkatkan keterkaitan antara aset kripto dan pasar dan institusi keuangan sistemik lainnya,” tulis laporan tersebut dikutip dari Cointelegraph, Rabu (14/7/2021).

Gubernur BoE Andrew Bailey, bagaimanapun, telah mengindikasikan bahwa bank sentral sangat menyadari bahwa sektor ini dan hubungannya dengan dunia keuangan institusional yang lebih luas bersifat cair dan cepat berubah, yang berarti bahwa BoE akan terus mengawasinya dengan cermat.

Inggris telah mulai mengambil pendekatan yang lebih intervensionis ke bagian-bagian dari sektor kripto, dengan Otoritas Perilaku Keuangan negara itu baru-baru ini memerintahkan pertukaran kripto utama Binance untuk menghentikan semua aktivitas yang diatur di negara tersebut.

Pergeseran besar dan cepat dalam lanskap mata uang swasta – termasuk cryptocurrency – juga telah mendorong wakil gubernur BoE Sir Jon Cunliffe untuk berargumen tahun ini bahwa akses umum ke bentuk digital uang bank sentral dapat menjadi sangat penting untuk memastikan stabilitas keuangan di masa depan.

Sumber: investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT