Senin, 5 Juli 2021

Anggota Dewan Jepang: Rencana Yen Digital akan Lebih Terang pada Akhir 2022


Jepang akan mendapatkan kejelasan lebih terang mengenai seperti apa yen digital pada akhir tahun depan, seorang anggota parlemen yang mengawasi rencana mata uang digital partai yang berkuasa mengatakan, dan ini berpotensi mendorong perang wilayah antara lembaga pemberi pinjaman konvensional dan operator platform daring.

Mengutip laporan yang dilansir Reuters Senin (05/07), Bank of Japan (BOJ) pada bulan April meluncurkan percobaan mata uang digital bank sentral (CBDC) tahap pertama, bergabung dengan rekan-rekan yang bertujuan untuk menyamai laju inovasi swasta yang cepat.

“Sekitar akhir tahun depan, kami akan memiliki pandangan yang lebih jelas tentang seperti apa CBDC Jepang nantinya,” Hideki Murai, yang mengepalai panel Partai Demokrat Liberal yang berkuasa soal mata uang digital, mengatakan dalam wawancara pada hari Jumat.

Meskipun tidak ada keputusan segera yang akan dibuat apakah akan mengeluarkan CBDC, rincian lebih lanjut tentang desainnya dapat menimbulkan perdebatan tentang bagaimana penerbitan CBDC dapat mempengaruhi lembaga keuangan, katanya.

Industri keuangan Jepang sudah menghadapi perubahan besar-besaran karena perusahaan ritel non-bank mulai menawarkan berbagai cara penyelesaian daring, merambah ke wilayah bank komersial.

Jika CBDC dirancang dengan cara yang menjadikan bank komersial sebagai perantara utama, maka itu dapat mengalihkan bisnis dan data dari penyedia platform tersebut kembali ke bank, kata Murai.

“Jika BOJ menerbitkan CBDC, itu akan berdampak besar pada lembaga keuangan dan sistem penyelesaian Jepang,” ungkap Murai. “CBDC memiliki potensi untuk sepenuhnya membentuk kembali perubahan yang terjadi di industri keuangan Jepang.”

Murai juga mengatakan BOJ harus memastikan yen digital dibuat kompatibel dengan CBDC negara maju lainnya, sebagian untuk melawan kemajuan pesat China dalam menerbitkan yuan digital.

“Jika yuan digital menjadi begitu nyaman sehingga sering digunakan oleh turis atau menjadi sarana penyelesaian utama untuk perdagangan, hubungan antara yen dan yuan bisa berubah” dan mengikis status yen sebagai mata uang safe-haven, tutup Murai.

Pukul 11.24 WIB, bitcoin turun 1,62% ke $34.180,9 menurut data Investing.com.

CIMB NIAGA

Sumber: investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT