Bitcoin Kembali Turun, Ketua SEC AS Minta Wewenang Lebih Awasi Kripto

  • Bagikan
bitcoin kembali turun, ketua sec as minta wewenang lebih awasi kripto 6109fefb17ed7.jpeg
bitcoin kembali turun, ketua sec as minta wewenang lebih awasi kripto 6109fefb17ed7.jpeg

Oleh Yasin Ibrahim

Bitcoin kembali turun pada Rabu (04/08) pagi usai Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) Gary Gensler meminta Kongres AS untuk memberi pengawas keuangan AS tersebut lebih banyak wewenang untuk mengawasi pasar mata uang kripto.

BTC/USD turun 1,52% ke $38.335,0 pukul 09.10 WIB menurut data Investing.com.

Gensler mengatakan kerangka kerjanya untuk menentukan apakah cryptocurrency adalah sekuritas adalah “jelas,” tetapi mengakui bahwa ada beberapa celah dalam kerangka kerja yang dapat digunakan jika SEC diberi lebih banyak sumber daya serta lingkup yang lebih luas atas aset digital.

“Kami membutuhkan otoritas Kongres tambahan untuk mencegah transaksi, produk, dan platform jatuh di antara celah peraturan. Kami juga membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk melindungi investor di sektor yang berkembang dan bergejolak ini,” tambah Gensler dalam kegiatan Aspen Security Forum.

Pakar kripto telah lama yakin bahwa kripto termasuk bitcoin akan mendapat keuntungan dari peningkatan pengawasan peraturan karena selanjutnya akan melegitimasi kripto sebagai kelas aset, memperluas akses bagi investor institusional. Mendefinisikan bitcoin apa yang akan menjadi langkah pertama menuju kerangka peraturan.

“Saya akan mulai dengan definisi, pengakuan, dan kemudian regulasi, karena jika Anda tidak dapat mendefinisikannya, bagaimana Anda mengaturnya sekarang?,”  Brad Yasar, CEO dan pendiri EQIFI mengatakan dalam wawancara baru-baru ini. “Jika pemerintah dalam kerangka kerja yang ada menentukan apa itu bitcoin bagi mereka, itu akan 100% mengubah banyak pikiran di sisi institusional di sisi ritel.”

Regulasi yang meningkat juga dapat membuka jalan menuju ETF bitcoin, yang dilihat banyak orang sebagai pendorong utama adopsi lainnya, meskipun batas waktu persetujuan tetap tidak pasti.

“Sepertinya itu pasti menjadi topik hangat [ETF bitcoin AS],” kata Cynthia Wu, kepala Pengembangan Bisnis di Matrixport dalam wawancara pada bulan Juli dengan Investing.com. “Saya merasa positif tentang persetujuan dalam waktu dekat, tapi saya tidak tahu apakah itu akan menjadi akhir tahun ini atau awal tahun depan.”

Sumber: investing.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->