Jumat, 8 Januari 2021

Bitcoin melonjak melewati $ 40.000 untuk pertama kalinya


Jakarta –Harga bitcoin cryptocurrency melonjak melewati US $ 40.000 untuk pertama kalinya pada hari Kamis, naik $ 10.000 hanya dalam lima hari. Harga bitcoin adalah $ 40.380 pada sekitar 1820 GMT, setelah melonjak 10,4 persen selama sesi perdagangan.

Itu kemudian kehilangan beberapa kekuatan dan data Factset menilai itu pada $ 38.950 dolar, naik 6,52 persen pada hari itu, pada 1850 GMT. Cryptocurrency, yang telah dikenal dengan perubahan nilai yang liar, melewati $ 30.000 untuk pertama kalinya hanya pada hari Sabtu.

“Investor terus naik kereta cryptocurrency yang tampaknya mendapatkan lebih banyak minat sekarang karena ekonomi AS siap untuk memberikan lebih banyak stimulus dalam 100 hari pertama Biden,” kata analis pasar Edward Moya di platform perdagangan mata uang Oanda.

Tapi kenaikan meteorik terbaru sudah memicu pembicaraan tentang koreksi baru. Rekan analis Oanda Craig Erlam memperingatkan bahwa bahkan jika koreksi tampaknya tidak segera terjadi, sekali muncul “itu akan menyakitkan”.

Dan seorang analis Eropa yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada AFP bahwa “itu mulai mengkhawatirkan – tidak ada lagi pasar beberapa minggu yang lalu – koreksi tidak bisa dihindari.

” Yang lain, di Societe Generale, mengatakan jika penurunan besar benar-benar terjadi, orang kemungkinan akan melihat kembali “gelembung pandemi bitcoin.”

Baru berusia 12 tahun, bitcoin telah mengalami kenaikan meteorik sejak Maret, ketika mencapai $ 5.000, didorong oleh raksasa pembayaran online PayPal yang mengatakan akan memungkinkan pemegang akun untuk menggunakan cryptocurrency.

Setelah pengumuman PayPal pada bulan Oktober, analis di bank investasi raksasa JPMorgan Chase membandingkan cryptocurrency dengan emas – dan minggu ini memperkirakan unit tersebut dapat naik menjadi $ 146.000, jika tidak lebih tinggi.

“Bitcoin dapat bersaing lebih intens dengan emas sebagai mata uang ‘alternatif’ selama beberapa tahun mendatang karena milenial seiring waktu akan menjadi komponen yang lebih penting dari alam semesta investor,” kata mereka.

Sementara itu, sejumlah bank sentral menanggapi kebangkitan mata uang kripto dan berkurangnya penggunaan uang tunai secara global dengan mengumumkan rencana unit digital yang didukung bank.

infimas Mulia

Beberapa bank sentral termasuk China dan Swedia – tetapi juga Federal Reserve AS – juga menguji aplikasi digital sebagai tanggapan atas langkah Facebook baru-baru ini untuk memproduksi unit digitalnya sendiri, Libra.

Tidak diatur oleh bank sentral mana pun, bitcoin muncul sebagai opsi yang menarik bagi investor dengan selera untuk yang eksotis – meskipun penjahat juga telah mengambil daya tariknya di bawah radar.

Sementara itu, perdebatan berkecamuk tentang status aset digital, yang diluncurkan pada akhir 2008, tentang apakah itu harus dilihat sebagai bentuk uang, aset, atau komoditas.

Setelah unit tersebut – bernilai beberapa sen pada akhir 2008 – melampaui $ 1.000 untuk pertama kalinya pada tahun 2013, unit tersebut semakin mulai menarik perhatian lembaga keuangan dan mengalami perubahan harga yang liar.

Sumber Berita : Thejakartapost.com

BACAAN TERKAIT