Selasa, 15 Juni 2021

Bitcoin Terus Menguat Selasa, Investor Nilai sebagai Lindung Inflasi


Oleh Yasin Ibrahim

Bitcoin menguat di atas $40.000 pada Selasa (15/06) pagi. Ini terjadi lantaran sentimen dorongan oleh Musk dibantu oleh dukungan dari beberapa investor yang terus mendukung bitcoin sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang cepat di tengah kekhawatiran Federal Reserve bisa terlalu lambat untuk bertindak.

BTC/USD naik 2,75% ke 40,211.0 pukul 09.34 WIB menurut data Investing.com.

“Saya suka Bitcoin sebagai diversifikasi portofolio,” Paul Tudor Jones dari Tudor Investment Corp. menyampaikan dalam wawancara dengan CNBC. “Satu-satunya hal yang saya tahu pasti, saya ingin 5% emas, 5% Bitcoin, 5% tunai, 5% komoditas.”

Pekan lalu, data menunjukkan inflasi AS mencapai tingkat tertinggi sejak 2008. Namun The Fed terus menyarankan risiko inflasi yang tidak terkendali rendah karena faktor-faktor yang mendorong harga bersifat sementara.

Federal Reserve memberikan keputusan kebijakan moneter dan pandangan terbarunya pada beberapa titik data termasuk inflasi, pertumbuhan ekonomi dan pasar tenaga kerja pada hari Rabu setempat.

Jika The Fed menunjukkan mengabaikan inflasi dan terus menyarankan bahwa akan mempertahankan status quo pada kebijakan, maka Jones memperkirakan kemungkinan sudah waktunya untuk berinvestasi besar-besaran dalam perdagangan inflasi.

“Jika mereka mengatakan, ‘Kami berada di jalur [jalan], semuanya baik-baik saja,’ maka saya hanya akan melakukan semua perdagangan inflasi,” tandas Jones. “Saya mungkin akan membeli komoditas, membeli crypto, membeli emas. ”

Pernyataan untuk bitcoin sebagai lindung nilai inflasi ini muncul hanya sehari setelah CEO Tesla Elon Musk membalikkan pendiriannya tentang bitcoin, dengan mengatakan bahwa perusahaan (NASDAQ:TSLA) dapat menerima transaksi bitcoin lagi di masa depan.

“Ketika ada konfirmasi penggunaan energi bersih yang wajar (~ 50 persen) oleh para penambang dengan tren masa depan yang positif, Tesla akan kembali mengizinkan transaksi Bitcoin,” katanya dalam cuitan pada hari Minggu.

CIMB NIAGA

Musk telah muncul sebagai pahlawan dan penjahat dalam pergerakan bitcoin yang fluktuatif pada tahun 2021 sejauh ini. Pengumumannya pada bulan Februari tentang Tesla telah membeli BTC senilai $1,5 miliar untuk disimpan dalam treasury membantu mendorong crypto populer tersebut menuju rekor tertinggi sepanjang masa sekitar $65.000 pada bulan April.

Namun, BTC segera melemah setelah Musk mengungkapkan bahwa Tesla telah menjual bitcoin senilai 10%, dan kemudian CEO ini mulai semakin peduli dengan penggunaan energi yang digunakan para penambang untuk mencetak bitcoin.

Pergerakan yang lebih rendah tersebut juga diperburuk oleh tindakan keras peraturan di China terhadap aktivitas perdagangan dan penambangan kripto.

Meskipun pergerakan bitcoin terbaru ini kembali menguat, sentimen keseluruhan pada BTC tetap hati-hati karena investor tampaknya berada dalam mode tunggu dan lihat, seiring sedikitnya pergerakan di bursa kripto.

Sumber: investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT