Senin, 5 April 2021

Harga Bitcoin Melemah, BOJ Mulai Uji Coba Penerbitan Uang Digital


Harga bitcoin bergerak melemah pada Senin (05/04) petang di tengah upaya bank sentral global yang terus berusaha mengeksplorasi inovasi atas teknologi mata uang digital untuk mengejar pencapaian di sektor swasta. Kali ini perkembangan terbaru datang dari bank sentral Jepang (BOJ) kabarnya akan memulai eksperimen untuk mempelajari kelayakan penerbitan mata uang digital sendiri.

Pukul 15.12 WIB, harga bitcoin turun 0,58% ke $57.113,3 menurut data Investing.com.

BOJ akan fokus terhadap pengujian kelayakan teknis penerbitan, pendistribusian dan penukaran mata uang digital bank sentral (CBDC) di tahap pertama uji coba yang dilakukan hingga Maret 2022 menurut laporan Reuters Senin (05/04). Pada tahap kedua, fokus BOJ akan lebih rinci seperti jumlah CBDC yang dapat dimiliki setiap entitas.

Bulan lalu, Direktur Eksekutif BOJ Shinichi Uchida menyampaikan jika diperlukan, bank sentral akan melibatkan penyedia layanan pembayaran dan pengguna akhir. Dan ia yakin memulai eksperimen pada tahap ini adalah langkah yang diperlukan untuk ke depannya.

Bank sentral global tengah mengembangkan mata uang digital untuk memodernisasi sistem keuangannya, menangkal ancaman dari cryptocurrency dan mempercepat pembayaran domestik dan internasional.

Sumber: investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT