Sabtu, 22 September 2018

Perusahaan Ini Gaji Karyawannya dengan Bitcoin


Sebuah perusahaan di Jepang mulai membayar sebagian gaji karyawannya dengan menggunakan Bitcoin.

Dilansir dari The Guardian, Perusahaan GMO Internet menginginkan karyawannya memperoleh pemahaman yang lebih baik terkait mengenai mata uang virtual yang sedang populer saat ini.

GMO Internet, yang mengoperasikan berbagai bisnis terkait situs termasuk di bidang keuangan, periklanan online dan infrastruktur internet, akan mulai membayar total gaji karyawan hingga 100.000 yen atau Rp1,8 miliar per bulan dengan menggunakan Bitcoin.

Langkah GMO Internet Group ini disebut adalah bentuk kontribusi perusahaan untuk membantu perkembangan mata uang vitual di negaranya.

“Para karyawan bisa menerima gaji mereka dalam bentuk coin jika mereka mau. Kami ingin meningkatkan literasi mata uang virtual kita sendiri dengan betul-betul menggunakannya,” kata Harumi Ishii, juru bicara GMO Internet Group.

Mulai tahun 2018, perusahaan ini akan memberikan pilihan kepada 4.000 karyawannya untuk menerima gaji dengan porsi pembayaran mulai dari 10.000 yen Jepang (setara dengan Rp 1,2 juta) sampai dengan 100.000 yen Jepang (setara Rp 12,1 juta) dalam bentuk bitcoin.

Karyawan juga akan mendapatkan insentif sebesar 10 persen dari jumlah gaji jika mereka memilih dalam bentuk bitcoin.

Perusahaan berbasis di Tokyo ini mulai memasuki pasar cryptocurrency pada bulan Mei 2017 dan mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan operasi penambangan cryptocurrency, yang akan dimulai pada paruh pertama di tahun 2018.

Fungsi bitcoin ini menempatkan cryptocurrency tersebut seperti mata uang daripada sebagai investasi. Nilainya pun terus meroket dari 800 dolar AS (setara dengan Rp 10,8 juta) hingga 19.000 dolar AS (setara dengan Rp 257,9 juta).

Menjadikan bitcoin sebagai bentuk pembayaran gaji bisa jadi akan mendorong membuat lebih ingin menyimpan gajinya dibanding menghabiskan uangnya untuk jajan makanan ringan. Ini akan menjadi eksperimen yang menarik, khususnya di negara yang telah melakukan pendekatan terhadap cryptocurrency ini.

Jababeka industrial Estate

Tetapi jika suatu saat nilainya turun drastis, bersiaplah para karyawan ini pusing kepala, karena nilai bitcoin yang tidak stabil seperti roller coaster.

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT