Kamis, 10 Juni 2021

Wah! El Salvador Akui Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran yang Sah


Oleh Lisa Monica

El Salvador resmi menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran sah. Hal ini terjadi setelah 62 dari 84 suara Kongres menyetujui proposal Presiden Nayib Bukele.

“Undang-undang Bitcoin telah disetujui oleh sebagian besar Kongres El Salvador,” kata Bukele dalam cuitan Twitter-nya, dikutip Kamis dari Kompas.

Rancangan undang-undang yang disampaikan Bukele mengatur Bitcoin sebagai alat pembayaran sah yang tidak dibatasi penggunaannya, tidak terbatas dalam transaksi apa pun dan diterima oleh badan pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Bukele menyuarakan penggunaan Bitcoin karena potensinya untuk membantu masyarakat El Salvador yang tinggal di luar negeri untuk mengirim uang kembali ke negaranya. Data dari Bank Dunia mencatat pengiriman uang ke negara tersebut mencapai $4 miliar atau seperlima dari PDB 2019 dan menjadi salah satu rasio paling tinggi di dunia.

Menurut laporan Reuters, Bukele telah menginstruksikan perusahaan listrik panas bumi milik negara yaitu LaGeo untuk mengembangkan rencana untuk menawarkan fasilitas penambangan bitcoin menggunakan energi terbarukan dari gunung berapi negara tersebut.

Penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah akan dimulai dalam 90 hari, dengan nilai tukar bitcoin-dolar yang ditetapkan oleh pasar. Bukele mengatakan saat ini pemerintah dan Bank Sentral tidak memiliki Bitcoin.

Berdasarkan data Investing.com pukul 18.28 WIB, Bitcoin terpantau menguat 8,33% ke level $37.903,4. Ethereum juga menguat tipis ke $2.567,02 dan Dogecoin naik 2,17% ke $0,335670.

 

Sumber: investing.com

CIMB NIAGA

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT