Kamis, 21 Januari 2021

5 Skill Seo Dal Mi di KDrama ‘Start-Up’, yang Wajib Dimiliki Pimpinan


CEO yang gigih dan mau belajar

5 Skill Seo Dal Mi di KDrama 'Start-Up', yang Wajib Dimiliki Pimpinan

Tak melulu mengisahkan tentang perjalanan cinta, drama Korea juga banyak yang mengangkat perjuangan seseorang untuk meraih mimpi. Salah satunya adalah Start-Up, drama on going besutan TvN, yang sedang ramai dibicarakan.

Salah satu karakter yang menarik perhatian penonton adalah Seo Dal Mi, yang diperankan oleh Bae Suzy. Seo Dal Mi adalah seorang yang sangat gigih dan cerdas, yang kemudian memilih keluar dari pekerjaannya dan memulai perusahaan rintisan bersama cinta pertamanya.

Ditunjuk jadi CEO Samsam Tech, ini lima skill Seo Dal Mi yang wajib dimiliki seorang pemimpin, agar sukses.

1. Kemampuan memecahkan masalah 

5 Skill Seo Dal Mi di KDrama 'Start-Up', yang Wajib Dimiliki Pimpinan

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan adalah kemampuan memecahkan masalah. Dalam perjalanan untuk meraih impian, tentu saja setiap harinya kita akan dihadapkan dengan masalah baru.

Seo Dal Mi punya kemampuan menyelesaikan masalah, saat anggota tim bertengkar karena berebut saham. Ia menyadari bahwa setiap keputusan yang ia ambil, tak akan bisa menyenangkan semua orang.

Namun ia memegang teguh keyakinannya dan dengan tegas memecahkan masalah yang ada. Kemampuan ini harus dimiliki oleh semua pimpinan, untuk menyatukan pemikiran anggota tim yang berbeda-beda.

2. Terbuka untuk masukan 

5 Skill Seo Dal Mi di KDrama 'Start-Up', yang Wajib Dimiliki Pimpinan

Jababeka industrial Estate

Menjadi pimpinan terkadang membuat seseorang tinggi hati dan besar kepala. Kesombongan seorang pemimpin, terkadang membuat ia tak mau dikritik dan menerima masukan.

Namun berbeda dengan Seo Dal Mi, setelah terpilih menjadi CEO ia langsung meminta masukan kepada mentornya. Ia menyadari bahwa ia bisa saja salah langkah, karena itu ia butuh saran dan kritikan dari orang yang lebih berpengalaman.

3. Mengutamakan kepentingan tim

5 Skill Seo Dal Mi di KDrama 'Start-Up', yang Wajib Dimiliki Pimpinan

Saat seseorang menjadi pemimpin, ia harus mengutamakan kepentingan tim dibanding dirinya sendiri. Ungkapan ini benar adanya, bagaimana seorang pemimpin bisa membuat timnya menjadi solid, ia harus mengutamakan kepentingan tim.

Seo Dal Mi sangat menyadari bahwa kepentingan tim adalah yang paling utama, karena itu ia tak egois dan selalu menanyakan pendapat anggota timnya. Karena tim yang solid bisa membuat kita bekerja secara maksimal.

4. Kemampuan mempengaruhi orang lain 

Tinggal dengan neneknya yang sudah berdagang sejak dulu, membuat Seo Dal Mi punya bakat alami untuk membujuk dan mempengaruhi orang lain. Saat tak ada seorang pun yang mampu membujuk Jeong Sa Ha, Seo Dal Mi dengan mudah membujuknya untuk bergabung dengan tim.

Ujung tombak dari bisnis adalah penjualan. Penjualan adalah tentang memengaruhi orang lain untuk menyukai apa yang kita jual. Seo Dal Mi sangat ahli dalam memengaruhi orang lain. SkilI ini patut dimiliki oleh seorang pemimpin.

5. Mengetahui apa yang pelanggan mau

Seorang pimpinan dituntut untuk banyak tahu tentang segala sesuatu yang menyangkut perusahaan, termasuk penjualan kepada pelanggan. Dalam hal ini, ia harus berorientasi kepada pelanggan dan harus tahu apa yang pelanggan mau.

Seo Dal Mi mempunyai kemampuan untuk mengubah kekacauan menjadi rekor penjualan tertinggi, karena ia tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan. Jika kita mengetahui apa yang pelanggan mau, maka akan lebih muda untuk kelangsungan bisnis kita.

Itu dia lima skill Seo Dal Mi yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan. Yang terpenting dari lima skill di atas, adalah terus belajar dan melatih diri untuk menjadi pimpinan yang cakap.

Sumber : idntimes.com

BACAAN TERKAIT