Jumat, 12 Maret 2021

Dalam Lima Tahun Jumlah Crazy Rich Indonesia Akan Lampaui China


Crazy rich Indonesians – diperkirakan akan jauh melewati jumlah di China dan berada di atas India, dalam lima tahun ke depan, di tengah pandemi yang masih belum dapat dikendalikan di banyak negara di dunia.

Laporan Wealth Report 2021, perusahaan properti yang bermarkas di London, Knight Frank, yang diterbitkan awal Maret 2021 lalu, menunjukkan jumlah orang super kaya Indonesia akan naik 67% dalam lima tahun ke depan sampai 2025.

Hal ini seiring dengan penemuan vaksin Covid-19 yang sudah mulai diluncurkan. Harapannya peluncuran vaksin ini juga dapat berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi. Bila ekonomi sudah mulai pulih, jumlah Crazy Rich Indonesians dapat menyalip para taipan China pada 2025.

“Jumlah orang dengan nilai individual ultra tinggi yakni mereka dengan kekayaaan Rp 427 sampai 430 miliar ke atas diperkirakan akan meningkat 67,2% dalam lima tahun ke depan,” Ujarnya.

Menurutnya, angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan China yang diperkirakan hanya akan tumbuh sekitar 46,3%, masih lumayan jauh dibanding Indonesia dengan menempati urutan ke tujuh.

Di bawah Indonesia, masih ada India dengan proyeksi pertumbuhan sebesar 63%, yang kemudian diikutin oleh Polandia, Swedia, Perancis, Selandia Baru, dan kemudian China.

Meski begitu, secara jumlah individu, crazy rich di China pada 2025 diprediksi akan menjadi 103.000, sementara Itu Indonesia menjadi 1.000.

Siapa sebenarnya crazy rich Indonesia yang superkaya itu?

Tak ada informasi rinci dari sektor mana saja individu ini muncul, namun yang dapat dikatakan adalah dalam jangka panjang, perekonomian Indonesia akan tumbuh pesat karena besarnya populasi muda dan meningkat pesatnya kelompok menengah.

Crazy rich indonesia ini adalah yang masuk dalam istilah UHWNI (Ultra High Net Worth Individual) adalah pemilik harta di atas 30 juta dollar AS atau sekitat Rp 427 miliar.

“Faktor-faktor inilah yang dapat bertahan pada jangka panjang. Selain itu, faktor ini terkait juga dengan meningkat pesatnya sektor konsumen dan individu-individu yang terkait sektor ini adalah mereka yang menikmati keuntungan ini.”

CIMB NIAGA

“Salah satu contoh adalah Go-Jek yang berkembang dari aplikasi transportasi menjadi aplikasi super untuk pembayaran dan pesan antar,” kata Victoria lagi.

Victoria juga mengatakan program vaksinasi, yang dimulai Januari lalu, akan membantu pemulihan ekonomi Indonesia karena “sentimen di lapangan membaik dan akan membuka jalan pertumbuhan kemakmuran.

Laporan South China Morning Post September lalu, menyebut mereka yang masuk kategori crazy rich indonesia ini mulai dari Claudia Sondakh dengan bisnis Plentyfull, Felicia Kawilarang Aluwi dengan perusahaan Halodoc, serta Arya Bakrie. Selain terlibat bisnis, mereka juga mewarisi kekayaan keluarga.

Claudia Sondakh menjalankan bisnis Plentyfull di Singapura. Sebelum berkecimpung di restoran, ia pernah turun dalam bidang fashion. Karirnya di sejumlah bidang, tertopang berkat ayahnya Peter Sondakh dan suaminya Evan Kwee.

Sementara Arya Bakrie, keponakan Aburizal Bakrie, dengan kekayaan US$2,1 miliar, adalah direktur PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS).

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT