Jumat, 21 Desember 2018

Nilai Tukar Rupiah Dibuka Bergairah Akibat Respon Positif Keputusan BI


Finroll.com – Pergerakan nilai tukar rupiah pagi ini dibuka menguat 22 poin ke posisi Rp14.475, dari sebelumnya pada Rp14.497 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih menyebutkan, keputusan Bank Indonesia yang mempertahankan suku bungan acuan sebesar enam persen ditanggapi positif pelaku pasar.

“Kebijakan itu sebagai instrumen stabilisasi rupiah sekaligus sebagai upaya menarik investasi terutama portofolio untuk kembali ke pasar modal Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Jumat (21/12).

Ia menambahkan, keyakinan Bank Indonesia pada tingkat suku bunga acuan saat ini, masih konsisten sebagai upaya menurunkan defisit transasksi berjalan ke batas aman, serta mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik yang diapresiasi pelaku pasar.

Baca Lainnya: IHSG Dibuka Zona Merah, Melemah 0,49%

Lana menyebut, mata uang Asia lainnya yakni Yen Jepang, dolar Hong Kong, hingga dolar Singapura serempak juga dibuka menguat. Hal ini juga yang bisa menjadi sentimen penguatan rupiah.

Di sisi lain, analis CSA Research Institute Reza Priyambada menyebut jika keputusan The Fed yang menaikan suku bunga sebesar 25 basis poin, menjadi 2,25 persen hingga 2,50 persen tidak terlalu direspon positif pelaku pasar.

“Kenaikan suku bunga The Fed dinilai tidak membawa perubahan yang positif bagi perkembangan ekonomi AS dan terjadi sebaliknya dimana cenderung melambat,” tandasnya.

Sumber: Antara

BACAAN TERKAIT