Kamis, 15 April 2021

5 Langkah Belajar Trading Online


Pandemi terus berlanjut sehingga memaksa kita untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Meski demikian, kebutuhan dapur harus tetap tercukupi dengan berbagai cara, demi terpenuhinya kebutuhan keluarga dan biaya hidup lainnya.

Untungnya, kesempatan untuk mendapatkan uang tidak terbatas pada aktivitas fisik. Jika Anda bekerja penuh waktu, dengan penghasilan yang tak kunjung bertambah, alternatif lainnya adalah Anda mulai untuk belajar trading online. Selain sebagai investasi, juga sebagai penghasilan tambahan. Bahkan, Alexander Elder membuat buku dengan judul Trading for a Living yang artinya ‘trading untuk penghidupan’. Ia mengulas tentang psikologi, taktik dalam trading, dan manajemen keuangan.

Setidaknya, ada empat tipe orang dan mungkin Anda merupakan salah satunya. Pertama, orang yang tak punya uang, tetapi punya banyak waktu, yaitu seorang pengangguran. Kedua adalah orang yang tak punya uang dan tak punya waktu, yakni mereka yang bekerja sebagai buruh dengan aktivitas yang sama sepanjang waktu. Ketiga adalah orang yang tak punya waktu, tetapi punya uang, yakni para eksekutif yang mengambil keputusan. Yang terakhir adalah orang yang punya banyak waktu dan punya banyak uang, dialah investor.

Trading online merupakan salah satu jalan untuk mengantarkan Anda menjadi seorang investor yang memiliki banyak waktu dan juga banyak uang. Untuk memulainya, Anda harus belajar dasar-dasar trading dan bagaimana menghasilkan uang dengan melakukan trading online.

5 Langkah Belajar Trading Online

Untuk mempelajari trading online, butuh kesabaran dan ketelatenan sehingga ilmu yang dipelajari bisa diterapkan secara benar dan dapat meraih keuntungan.

1. Membuat Akun Trading

Untuk mengerti bagaimana melakukan trading, Anda harus membuka akun trading. Anda bisa memulai belajar dasar-dasar trading dengan membuka laman www.trusted-broker-reviews.com.

Dalam laman tersebut, Anda juga akan menemukan berbagai ulasan tentang broker terbaik dan terpercaya sehingga Anda tidak salah pilih menentukan broker yang tepat. Untuk membuat akun trading, Anda tak perlu mengeluarkan uang, dengan membuat akun demo terlebih dahulu agar Anda bisa mempelajari bagaimana trading bekerja.

2. Pelajari Pasar Keuangan

CIMB NIAGA

Baca artikel finansial, lihat berita yang membahas tentang keuangan dan pasar modal, baca juga buku-buku tentang trading, sehingga banyak ilmu yang bisa diserap sehingga Anda bisa melakukan trading dengan benar dan mengurangi risiko kerugian.

Anda harus bangun lebih awal untuk membaca berbagai informasi keuangan di media nasional. Situs resmi bursa saham IDX juga bisa menjadi rujukan. Selain itu, Yahoo Finance atau Google Finance Indonesia juga bisa menjadi bahan rujukan yang sangat bagus.

3. Belajar untuk Menganalisa

Pasar terus berfluktuasi, tetapi analisa fundamental tetap memberikan arahan bagaimana untuk melangkah. Pelajari dasar-dasar analisa teknikal, pelajari laporan dan neraca keuangan setiap perusahaan yang masuk dalam bursa, sehingga Anda terhindar dari saham-saham gorengan yang mungkin akan merugikan.

Pasar terus berubah sehingga dibutuhkan kemampuan untuk menganalisa fundamental dan tren pasar. Untuk dapat melakukan analisa, Anda harus mendapatkan data yang cukup dengan cara membaca laporan keuangan, neraca perdagangan, isu pasar dan politik, dan sebagainya.

4. Terus Latih Kemampuan Trading

Terapkan yang Anda pelajari dengan cara melatih untuk terus melakukan trading, baik dengan akun demo ataupun akun real dengan nilai investasi yang rendah terlebih dahulu, sehingga Anda bisa merasakan athmosfer dan melatih psikologi trading Anda.

Makin banyak Anda berlatih, makn akan makin meningkat pula pengetahuan dan kemampuan dalam melakukan trading sehingga dengan sendirinya Anda bisa melakukan analisa dan psikologi dalam trading makin stabil.

5. Masuk Komunitas Trading dan Ikut Kursus Trading

Belajar tanpa guru sering kali tersesat sehingga mencari seorang guru trading atau dengan cara mengikuti kursus trading yang diselenggarakan oleh lembaga terpercaya sehingga Anda bisa mendapatkan ilmu trading yang mumpuni.

Carilah mentor yang berpengalaman sehingga Anda bisa menyerap ilmu trading yang sangat bermanfaat untuk menjadi trader yang berkelas dan mampu untuk mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

Penutup

Hal yang paling utama dalam melakukan trading adalah dengan menerapkan manajemen risiko dan memiliki pengetahuan yang cukup dalam melakukan trading. Karena jika Anda hanya mengandalkan intuisi, Anda akan mengalami kegagalan karena trading bukanlah suatu perjudian yang hanya mengandalkan keberuntungan belaka.

Tampaknya, peribahasa “jangan taruh telur dalam satu keranjang” sangat berlaku dalam dunia trading. Karena jika terjadi loss, Anda akan terhindar dari kebangkrutan total sehingga bisa memiliki pengalaman yang baik. Karena bisnis trading tidak selalu keuntungan, tetapi setiap orang pasti juga akan mengalami kerugian. Oleh karena itu, psikologi memiliki peran yang sangat penting.

Sumber : Investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT