Rabu, 7 April 2021

Bursa Asia Beragam Jelang Rilis Notulen Rapat the Fed


Oleh Gina Lee

Finroll.com – Saham-saham di Asia Pasifik beragam pada Rabu (07/04) pagi dan investor terus mengamati pemulihan ekonomi global dari COVID-19 menjelang rilis notulen rapat Fed.

Nikkei 225 Jepang naik 0,12% ke 29.731,00 pukul 11.29 WIB menurut data Investing.com jelang rilis data transaksi berjalan Februari pada hari Kamis. KOSPI Korea Selatan menguat 0,18% di 3.132,76 kala digelarnya pemungutan suara untuk pemilihan walikota di dua kota terbesar negeri ginseng tersebut, Seoul dan Busan.

Di Australia, ASX 200 naik 0,46% di 6.917,90 pukul 11.32 WIB dan Hang Seng Hong Kong melemah 0,72% ke 28.730,00.

Shanghai Composite China turun 0,53% ke 3.464,54 dan Shenzhen Component melemah 1,14% di 13.922,61. Investor mencerna Indeks Manajer Pembelian Jasa Caixin Selasa, dengan pembacaan bulan Maret di 54,3. China akan merilis data lebih lanjut yakni Indeks Harga Konsumen dan Harga Produsen, pada hari Jumat.

Sementara Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik tipis 0,01% di 6.003,32 pada akhir perdagangan sesi I pagi ini hingga pukul 11.30 WIB.

Sentimen investor terus pulih oleh dukungan berkelanjutan dari bank sentral dan prospek pertumbuhan yang membaik.

IMF pada 5 April membuka pertemuan musim semi 2021 dengan perkiraan ekspansi global tertinggi setidaknya dalam empat dekade. Pertemuan yang diselenggarakan bersama dengan Bank Dunia akan terus berlangsung secara virtual hingga 11 April.

Kekhawatiran investor tentang biaya pinjaman yang lebih tinggi yang menyebabkan inflasi yang tak terkendali juga mereda, yang menyebabkan penurunan imbal hasil obligasi pada sesi sebelumnya karena trader tampaknya menarik posisi mereka yang lebih agresif untuk bersiap atas pengetatan kebijakan Federal Reserve AS.

“Bank sentral terus mempertahankan suku bunga rendah sehingga orang mencari tempat untuk menaruh uang mereka di mana mereka bisa mendapatkan pengembalian … Saya pikir itu juga mengapa Anda memiliki harga saham agak memilih kesempurnaan,” manajer portofolio Alpine Woods Capital Investors Sarah Hunt menyampaikan kepada Bloomberg.

Jababeka industrial Estate

The Fed akan menerbitkan risalah dari pertemuan Maret dini hari, dan Ketua Jerome Powell akan mengambil bagian dalam panel tentang ekonomi global sehari kemudian.

AS juga merilis laporan lowongan pekerjaan JOLT bulan Februari pada hari Selasa, yang menunjukkan lowongan naik ke level tertinggi dua tahun di 7,367 juta. Perekrutan juga mencatat kenaikan terbesar dalam sembilan bulan berkat peningkatan vaksinasi COVID-19 dan stimulus tambahan dari pemerintah.

Investor juga terus menggali puing-puing dari likuidasi Archegos Capital Management. Credit Suisse (SIX:CSGN) (SIX:{316|CSGN}}) Group (NYSE:CS), salah satu korban terbaru, melepas lebih dari $2 miliar saham.

Namun, investor lain tetap berhati-hati saat perdagangan Asia dimulai.

“Kami mengalami beberapa hari besar berturut-turut, dan saya pikir pasar ingin mengambil sedikit jeda di sini … dari perspektif data ekonomi, kami tidak mendapatkan terlalu banyak informasi kecuali untuk laporan lowongan pekerjaan dan harga pasar mencerminkan hal itu,” wakil presiden manajemen portofolio Allianz (DE:DE:ALVG) Investment Management Charlie Ripley mengatakan kepada Reuters.

Sumber : Investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT