Kamis, 8 April 2021

Bursa Berjangka Eropa Menguat, Risalah Fed Beri Katalis Positif


Oleh Peter Nurse

Finroll.com – Pasar saham berjangka di Eropa menguat pada Kamis (08/04) petang setelah Federal Reserve menegaskan kembali komitmennya terhadap kebijakan moneter yang sangat longgar.

Pada pukul 14.11 WIB, DAX futures Jerman naik tipis 0,04% di 15.250,0, CAC 40 futures Prancis naik 0,55% ke 6.163,5 dan FTSE 100 futures Inggris menguat 0,41% di 6.871,0 menurut data Investing.com. Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kian menguat 0,46% di 6.064,30 pukul 14.32 WIB.

Pergerakan ini terjadi setelah rilis risalah dari pertemuan Federal Reserve bulan Maret, di mana bank sentral AS mempertahankan kebijakan akomodatifnya.

Risalah tersebut menunjukkan bahwa kala pejabat Fed melihat ekonomi AS, yang terbesar di dunia, pulih dengan cepat, ada lebih banyak kemajuan yang diperlukan sebelum suku bunga rendah dan laju pembelian aset diubah.

Pasar Eropa juga dapat terbantu dari pengumuman di Inggris dan regulator obat-obatan Eropa pada hari Rabu bahwa manfaat menggunakan vaksin Covid-18 AstraZeneca (NASDAQ:AZN) masih lebih besar daripada risikonya, sembari menyarankan adanya pembatasan usia, bahkan jika ada hubungan potensial antara suntikan dan munculnya kejadian yang sangat jarang terjadi dari masalah pembekuan darah.

Benua Eropa masih berjuang mengatasi gelombang ketiga kasus Covid-19 dan pihak pemerintah di beberapa wilayah Spanyol memperketat pembatasan mobilitas pada hari Rabu untuk mengendalikan tingkat infeksi yang mengalami peningkatan.

Dalam berita perusahaan, raksasa perbankan Swiss UBS (SIX:UBSG) mengadakan rapat umum tahunannya dan ini akan menarik minat setelah saingannya Credit Suisse (SIX:CSGN) mengalami kesulitan baru-baru ini karena berurusan dengan dana lindung nilai Archegos.

Selain itu, perusahaan ritel peralatan listrik Swedia-Swiss ABB (ST:ABB) telah mengumumkan rencana pembelian kembali saham baru, dan perusahaan ritel mode daring Inggris ASOS (LON:ASOS) mengatakan laba per saham meningkat tiga kali lipat dalam enam bulan hingga Februari. Perusahaan ritel peralatan rumah tangga Dunelm (LON:DNLM) juga melaporkan mengharapkan laba setahun penuh berada di atas batas atas kisaran perkiraan analis saat ini.

Harga minyak lanjut melemah Kamis petang setelah kenaikan besar stok bensin AS meningkatkan kekhawatiran mengenai pertumbuhan permintaan minyak mentah di negara konsumen terbesar dunia tersebut.

CIMB NIAGA

Stok minyak AS turun 3,5 juta barel minggu lalu, menurut data resmi dari Badan Informasi Energi AS yang dirilis Rabu malam setempat, tetapi mencatatkan kenaikan 4 juta barel dalam persediaan bensin, berbeda dengan ekspektasi adanya penurunan, yang berdampak paling besar pada pasar.

Harga minyak WTI terus turun 0,59% ke $59,42 per barel dan harga minyak Brent juga turun 0,51% di $62,84 per barel pukul 14.29 WIB.

Sebaliknya, harga emas berjangka masih naik 0,18% ke $1.744,65 per troy ons dan EUR/USD menguat 0,10% di 1,1882.

Sumber : Investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT