Kamis, 1 April 2021

Fokus Pasar: Program Infrastruktur, Klaim Pengangguran, Minyak & OPEC+


Oleh Liz Moyer

Finroll.com – Saham-saham teknologi di Wall Street kembali masuk zona positif pada perdagangan Rabu (31/03) setempat atau Kamis (01/04) pagi WIB, mengabaikan kekhawatiran tentang lonjakan kenaikan bunga obligasi pada sesi sebelumnya karena pemerintah bersiap untuk membanjiri pasar dengan bantuan pengeluaran baru, kali ini untuk infrastruktur.

S&P 500 hampir menembus level tertinggi bersejarah 4.000, dan Nasdaq melonjak.

Data ekonomi mendukung pembukaan kembali perdagangan dan memicu optimisme investor, yang muncul di seluruh pasar. Perekonomian menciptakan 515.000 pekerjaan swasta bulan lalu, kurang dari 550.000 yang diperkirakan, tetapi ini menjadi pertanda positif karena pemerintah bersiap untuk merilis laporan pekerjaan nonpertanian pada hari Jumat.

Microsoft Corporation (NASDAQ:MSFT) mengumumkan kontrak senilai $22 miliar dengan Angkatan Darat AS. Pfizer Inc (NYSE:PFE) mengatakan vaksinnya dengan BioNTech SE (NASDAQ:BNTX) efektif untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun, dan membuka jalan untuk meminta pemerintah mengizinkan suntikan vaksin untuk kelompok usia tersebut sebelum memulai kegiatan sekolah di musim gugur.

Pasar saham AS tutup pada hari Jumat dan hari Kamis menjadi hari terakhir perdagangan dalam minggu liburan yang dipersingkat ini. Berikut tiga hal yang dapat memengaruhi pasar Kamis:

1. Rencana infrastruktur Biden berfokus energi & bahan dasar

Presiden AS Joe Biden menguraikan rencana infrastruktur senilai $2 triliun, dan kemungkinan akan mempengaruhi sektor-sektor seperti energi, bahan dasar dan transportasi. Enphase Energy Inc (NASDAQ:ENPH) naik hampir 8% pada hari Rabu, dan Applied Materials Inc (NASDAQ:AMAT) melonjak hampir 6% ke level tertinggi baru dalam 52 minggu.

Rencana presiden AS tersebut adalah untuk memodernisasi 20.000 mil jalan raya, memperbaiki 10.000 jembatan, dan memasang 500.000 stasiun pengisian kendaraan listrik, di antara rancangan program lainnya.

2. Klaim pengangguran pekan ini

Jababeka industrial Estate

Pada hari Rabu, ADP mengatakan perusahaan swasta menambahkan 515.000 pekerjaan bulan lalu. Pada hari Kamis, klaim pengangguran awal minggu lalu diperkirakan akan mencapai sekitar 680.000, hampir sama dengan minggu sebelumnya. Klaim lanjutan diharapkan menjadi 3,77 juta. Data akan keluar pada pukul 8:30 AM ET (1230 GMT).

3. Semua mata tertuju pada pasar minyak

Pada hari Kamis, kelompok utama minyak akan merilis keputusannya terkait tingkat produksi untuk bulan Mei. Kala OPEC+ bertemu awal bulan lalu untuk membahas tingkat April, Saudi kembali mengumumkan pemotongan 1 juta barel dan Menteri Perminyakan Saudi Abdulaziz terdengar benar-benar khawatir terhadap permintaan.

Trader berspekulasi Saudi akan mencoba untuk menekan produksi lagi dengan mengutip munculnya gelombang tindakan penguncian Covid-19 yang diperbarui di Eropa. (Prancis mengumumkan pembatasan tambahan pada Rabu malam setempat). Persediaan turun lebih besar dari yang diharapkan, menurut data pemerintah yang dirilis Rabu, tetapi minyak telah diperdagangkan dengan hati-hati menjelang pengumuman OPEC.

Sumber : Investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT