Rabu, 14 April 2021

Merger Cek Kosong Terbesar, Altimeter Beli Grab Senilai $40 M


Oleh Dhirendra Tripathi

Finroll.com – Saham Altimeter Growth (NASDAQ:AGC) turun 2,48% ke 14.95 pada perdagangan pre-market Rabu (14/04) petang pukul 16.21 WIB setelah ditutup melonjak 9% pada Selasa (13/04) usai Grab mengatakan akan bergabung dengan firma itu bersama cek kosong untuk kesepakatan senilai $40 miliar, merger terbesar yang belum melibatkan perusahaan akuisisi bertujuan khusus.

Perusahaan ride hailing yang bermarkas di Singapura tersebut akan menerima dana $4,5 miliar melalui mekanisme ‘PIPE’ (investasi swasta dalam ekuitas publik).

SPAC adalah perusahaan cangkang cek kosong yang menggunakan hasil dari IPO untuk membuat perusahaan swasta menjadi publik. Ini biasanya disiapkan oleh orang-orang terkenal dengan pengalaman industri yang relevan dan itulah yang membuatnya dinilai karena tidak menjalankan operasi pada saat go public.

Pencatatan SPAC adalah proses yang lebih cepat dan melibatkan lebih sedikit pengawasan. Setelah terdaftar, promotor SPAC memburu target akuisisi yang tepat untuk menerapkan hasil IPO.

Grab adalah layanan taksi yang populer di Asia Tenggara, dan didukung oleh Softbank, Uber (NYSE:UBER) dan Didi Chuxing.

Perusahaan ini juga melakukan pengiriman makanan daring dan pembayaran dompet digital. Grab memperkirakan total pasar yang dapat dialamatkan tumbuh menjadi lebih dari $180 miliar pada tahun 2025 dari sekitar $52 miliar pada tahun 2020.

Sumber : Investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT