OJK Terbitkan Aturan Teknis Ganti Rugi dan Dana kompensasi investor di Pasar Modal

  • Bagikan
ojk terbitkan aturan teknis ganti rugi dan dana kompensasi investor di pasar modal 60df27fe19bde.jpeg
ojk terbitkan aturan teknis ganti rugi dan dana kompensasi investor di pasar modal 60df27fe19bde.jpeg

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan ketentuan teknis dan mekanisme pengembalian keuntungan tidak sah (disgorgement) dan dana kompensasi kerugian investor (disgorgement fund) di pasar modal.

Ketentuan teknis ini tertuang dalam Surat Edaran OJK Nomor 17/SEOJK.04/2021 tentang pengembalian keuntungan tidak sah dan dana kompensasi kerugian investor di bidang pasar modal dan mulai berlaku 1 Juli 2021.

SEOJK ini merupakan ketentuan pelaksana dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 65/POJK/04/2020 tentang pengembalian keuntungan tidak sah dan dana kompensasi kerugian investor di bidang pasar modal.

Dalam ketentuan umum di SEOJK ini disebutkan, Pengembalian Keuntungan Tidak Sah adalah perintah Otoritas
Jasa Keuangan untuk mengembalikan keuntungan yang diperoleh atau kerugian yang dihindari secara tidak sah oleh Pihak yang melakukan dan/atau Pihak yang menyebabkan
terjadinya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Baca Juga: Pandemi, 30 SCF Antre Minta Izin Operasi dari OJK

Baca Juga: Bos Bursa Sebut Pasar Modal Indonesia Berhasil Pulih Hingga Seperti Sebelum Pandemi Melanda

“Penyedia Rekening Dana adalah Pihak yang ditunjuk oleh Otoritas
Jasa Keuangan untuk menyediakan rekening dana guna pembayaran Pengembalian Keuntungan Tidak Sah dan pendistribusian Dana Kompensasi Kerugian Investor,” terang SEOJK tersebut yang dikutip dari laman OJK, Jumat (2/7/2021).

Sementara itu, dana kompensasi kerugian investor adalah dana yang dihimpun dari pengenaan Pengembalian Keuntungan Tidak Sah dengan tujuan untuk diadministrasikan dan didistribusikan kepada investor yang dirugikan dan memenuhi syarat untuk mengajukan klaim.

Sedangkan, administrator adalah Pihak yang ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk mengadministrasikan dan mendistribusikan Dana Kompensasi Kerugian Investor.

Adapun pokok-pokok yang diatur dalam SEOJK ini meliputi Pembukaan Rekening Dana Oleh Penyedia Rekening Dana yang memuat pihak-pihak yang dapat ditunjuk sebagai Penyedia Rekening Dana berikut syarat-syaratnya.

Lalu, SEOJK juga mngatur tentang Tata Cara Pembayaran Pengembalian Keuntungan Tidak Sah
Dalam Bentuk Dana; Tata Cara Pembayaran Pengembalian Keuntungan Tidak Sah
Dalam Bentuk Aset Tetap; Pemblokiran Rekening Efek Dan/Atau Rekening Lain Pada Lembaga Jasa Keuangan; dan Upaya Hukum Dalam Hal Pihak yang Dikenakan Pengembalian
Keuntungan Tidak Sah Tidak Melakukan Pembayaran.

Kemudian ada juga ketentuan Koordinasi Antara Penyedia Rekening Dana dan Administrator; Penyampaian Laporan oleh Penyedia Rekening Dana kepada OJK; Situs Web Dana Kompensasi Kerugian Investor; Imbalan Jasa Administrator dan Biaya Kegiatan Operasional Dana Kompensasi Kerugian Investor serta Jangka Waktu Penugasan Administrator.

Selanjutnya, Imbalan Jasa Penyedia Rekening Dana dan Biaya Pengelolaan Rekening Dana; Pengadministrasian Dana untuk Kepentingan Pengembangan Industri Pasar Modal; dan Penutupan Rekening Pengembalian Keuntungan Tidak Sah dan Rekening Dana Kompensasi Kerugian Investor.

Sumber : Investing.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->