Kamis, 1 April 2021

Perusahaan China Borong Saham Bank Milik Konglomerat Dato Sri Tahir, Nilainya Bikin Melongo!


Lian Xian Ltd BUMN asal China memborong saham bank milikk onglomerat Dato Sri Tahir yakni, PT Bank Mayapada Internasional Tbk (JK:MAYA). Lian Xian Ltd diungkapkan telah membeli saham MAYA sebanyak 1.46 miliar lembar saham di harga Rp400 per saham.

Sehingga, perusahaan asal China tersebut menggelontorkan dana senilai Rp586,41 miliar untuk menguasai 12,39% saham di Bank Mayapada.

“Lian Xian ltd membeli 1,46 miliar saham senilai Rp400 per saham pada 24 Maret 2021,†kata Direktur PT Bank Mayapada Internasional Tbk, Hariyono Tjahjariyadi, dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga: Kabar Gurita Bisnis Konglomerat Chairul Tanjung: Keuntungan Mega Corpora Melonjak Drastis!

Ia menuturkan bahwa masuknya BUMN China melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT) XIII dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue sebanyak 5 miliar saham baru. “Tujuan dari pembelian saham ini merupakan investasi,†jelasnya.

Baca Juga: The Real Sultan! Triliunan Rupiah Keuntungan BCA (JK:BBCA) Masuk Kantong Konglomerat Hartono!

Alhasil, setelah transaksi tersebut maka kepemilikan saham Lian Xi Ltd atas saham MAYA menjadi 1.466.033.913 lembar saham setara dengan 12,39%. Sebelumnya, LIan Xian tidak memiliki kepemilikan saham di MAYA.

Dalam rights issue, diterbitkan sebagai saham biasa atas nama Seri B dengan jumlah setara dengan 42,25% dari modal disetor. Selanjutnya, direksi diberikan kuasa oleh pemegang saham untuk menentukan syarat-syarat, rasio, harga pelaksanaan saham yang akan diterbitkan, indikasi jadwal penawaran HMETD, serta melakukan segala sesuatu terkait dengan PUT XIII tersebut. Tahir sebagai ultimate shareholder Bank Mayapada menyatakan pihaknya berkomitmen untuk kembali menyuntikkan modal pada 2021, termasuk menyerap haknya dalam pelaksanaan rights issue kali ini.Â

Sumber : Investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT