Selasa, 8 Juni 2021

Saham Eli Melesat 10% dalam Harapan Persetujuan Terapi Alzheimer


Oleh Dhirendra Tripathi

Finroll.com – Saham Eli Lilly (NYSE:LLY) melesat naik dua digit pada hari Senin dalam harapan bahwa terapinya untuk mengobati Alzheimer akan segera mendapatkan persetujuan dari regulator obat AS.

Penguatan saham produsen obat itu terjadi menyusul persetujuan Food and Drug Administration (FDA) untuk pesaingnya obat aducanumab buatan Biogen (NASDAQ:BIIB), pertama kalinya dalam hampir 20 tahun regulator AS telah menyetujui obat untuk mengobati penyakit fatal.

Alzheimer adalah gangguan otak progresif ireversibel yang perlahan-lahan menghancurkan memori dan keterampilan berpikir, dan akhirnya, kemampuan untuk melakukan tugas-tugas sederhana.

Saat ini ada lebih dari 50 juta orang yang hidup dengan demensia di seluruh dunia, dan jumlah itu diperkirakan akan meningkat menjadi hampir 152 juta pada tahun 2050. Hampir 10 juta kasus baru demensia didiagnosis setiap tahun di seluruh dunia.

Donanemab dari Eli adalah antibodi monoklonal dan telah menyelesaikan uji coba fase-2.

FDA telah memberikan persetujuan untuk aducanumab Biogen karena regulator yakin bahwa obat itu memberikan keuntungan terapeutik yang berarti dibandingkan perawatan yang ada. Uji coba obat tambahan akan berlanjut dan perlu memenuhi syarat aturan FDA untuk mendapat persetujuan akhir.

Sumber : Investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT