Selasa, 15 Juni 2021

SMAR Bagikan Dividen Rp160 per Saham dan Siapkan Capex Rp1,2 Triliun


Oleh Lisa Monica

Finroll.com – PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (JK:SMAR) menyetujui agenda pembagian dividen dari laba bersih 2020 pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan hari ini (15/6). Menurut laporan Kontan, para pemegang saham menyetujui pembagian dividen final sekitar 30% dari laba bersih 2020 atau Rp160 per saham yang nilainya hampir menyentuh Rp460 miliar.

Pada tiga bulan pertama tahun ini, SMAR berhasil membukukan penjualan Rp11,10 triliun, naik 15% dari tahun sebelumnya sebesar Rp9,61 triliun. Kontribusi dari produk turunan mencapai 88% penjualan dan 55% merupakan penjualan lokal, serta sisa 45% penjualan ekspor. EBITDA pada Q1 2021 berada di Rp1,08 triliun dan laba bersih sebesar Rp250 miliar.

Menurut laporan Kontan, Wakil Direktur Utama SMAR Jimmy Pramono mengatakan bahwa saat ini pasokan minyak global sangat terbatas terutama dipengaruhi oleh kondisi cuaca kering di Amerika Selatan dan belahan dunia lainnya. Sehingga dia memprediksi bahwa ketatnya pasokan akan terus berlanjut di sepanjang tahun ini. 

Untuk tahun 2021, SMAR menyiapkan belanja modal sebesar Rp1,2 triliun yang berasal dari kombinasi antara kas internal dan hasil penerbitan obligasi.  Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk ekspansi bisnis perseroan dan meningkatkan kapasitas pabrik biodiesel.

Sekitar Rp400 miliar dari total dana akan dialokasikan untuk aktivitas upstream, mulai dari benih kelapa sawit hingga diolah menjadi CPO. Sementara sisa Rp800 miliar akan digunakan untuk aktivitas downstream termasuk modal pengembangan pabrik biodiesel SMAR di Tarjun, Kalimantan Selatan. 

 

Sumber : Investing.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT