Jumat, 4 Januari 2019

Tahun Ini BI Prediksi Suku Bunga Acuan The Fed Naik Dua Kali


Finroll.com – Bank Indonesia (BI) saat ini terus mengamati pergerakan suku bunga acuan Amerika Serikat (The Fed). Di tahun 2019, BI memprediksi suku bunga acuan The Fed akan naik sebanyak dua kali.

“Akhir Desember 2019 kemungkinan naik dua kali, lebih rendah dari perkiraan kami yang tiga kali, meski sebagian pelaku pasar memprediksi hanya sekali,” ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (4/1).

Perry merinci, prediksi ini disebutnya berdasarkan kondisi ekonomi di Amerika yang menyebabkan berbagai perubahan di sektor moneter.

“Itu kenapa terhadap koreksi di suku bunga obligasi pemerintah AS terus di dekati bunga The Fed. Bergerak di pasar karena melihat kemungkinan pertumbuhan ekonomi melambat atau melandai dari 2,5% dan lebih dalam. Tekanan inflasi lebih besar, jadi sebagian pasar prediksi naik sekali, tapi BI masih dua kali,” jelasnya.

Baca Lainnya: Tren Suku Bunga Tahun 2019 Diprediksi Bisa Lebih Stabil Karena…

Dirinya menambahkan, dengan menurunnya proyeksi kenaikan bunga tersebut ada dua hal positif yang bisa diambil, salah satunya adalah berkurangnya risiko global.

“Sebagian pasar memang satu kali kenaikannya, tapi itu menunjukan risiko dari global yang lebih positif dari yang dulu. Masih terjadi risiko tapi tidak terlalu tinggi. Jadi tidak setinggi yang sebelumnya kan lebih positif terhadap kurs rupiah. Karena imbal hasil akan lebih baik,” tutupnya.

Sumber: CNBC Indonesia

BACAAN TERKAIT