Pengadilan Negeri Taipei Taiwan Tetapkan PT Millenium Penata Futures Tidak Terlibat Kasus Penggelapan dana

  • Bagikan

Pada tanggal 15 Februari 2019 lalu Pengadilan Negeri Taipei, Taiwan pada tanggal 8 Maret 2019 telah mengeluarkan amar keputusan No.21 Huruf JIN tahun 2018 terkait kasus penggelapan dana nasabah senilai NT$5,2 Miliar atau setara US$168 juta yang dilakukan oleh Chen Xuan Min.

FINROLL.COM – Pada amar keputusan tersebut ditetapkan bahwa PT. Millenium Penata Futures (MPF) tidak terkait dengan kasus penggelapan ini.

Pengadilan Negeri Taipei juga menetapkan bahwa Chen Xuan Min Cs bertindak tanpa izin menggunakan nama perusahaan MPF dalam merekrut nasabah. Dan semua dana yang diinvetasikan nasabah telah diambil oleh Chen Xuan Min.

Saat menawarkan produk finansial ini Chen Xuan Min mengaku memiliki lisensi untuk melakukan perdagangan kontrak berjangka di Indonesia melalui sebuah kesepakatan dengan Millenium Penata Futures.

Yang dilakukan oleh Chen Xuan Min telah melanggar ketetapan pasal 29 ayat 1 dan Pasal 29 huruf 1 Undang – undang Perbankan.

Pengadilan menetapkan bahwa Chen Xuan Min Cs melanggar hukum Pasal 29 dan Pasal 29 ayat 1 Undang – undang Perbankan melakukan pengumpulan dana masyarakat tanpa izin dari Instansi Otorita Perbankan Taiwan.

Sesuai ketetapan Pasal 184 ayat 2 Hukum Perdata mengabulkan tuntutan para Pemohon dan menghukum Chen Xuan Min Cs harus membayar kembali dana yang sudah ditanamkan para Pemohon sesuai catatan antentik dan ditambah pembayaran bunga sebesar 5 % per tahun hingga lunas.

Pembayaran dimulai dari hari penetapan Pengadilan Negeri ini hingga sampai terlunas seluruhnya.

Dengan keluarnya keputusan ini membuat tuduhan terhadap Tahir Ferdian selaku Pemilik PT. Millenium Penata Futures telah berkolusi dengan Chen Xuan Min tidak terbukti. *

  • Bagikan
-->