IBI Luncurkan Wadah Berbagi Pengalaman antar Bankir Melalui Bankers Dialogue

  • Bagikan
ibi luncurkan wadah berbagi pengalaman antar bankir melalui bankers dialogue 61f123f5ed2fe.jpeg
ibi luncurkan wadah berbagi pengalaman antar bankir melalui bankers dialogue 61f123f5ed2fe.jpeg

Financeroll, JAKARTA – Ikatan Bankir Indonesia atau IBI menghadirkan sebuah wadah bagi para bankir untuk bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bentuk sebuah program talk show yang bernama Bankers Dialogue.

Pada episode pertama, Bankers Dialogue online dihadiri tak kurang dari 300 Bankir dari seluruh Indonesia. Acara ini mengangkat tema tentang Bank of The Future, Fostering Indonesia Banking Potential.

Tema ini diangkat karena isu digitalisasi dalam dunia perbankan di Indonesia sudah tidak bisa dihindarkan lagi, bahkan Otoritas Jasa Keuangan sendiri mengatur ketentuan mengenai bank digital dalam POJK No. 12 tahun 2021 pasal 3 hingga 31.

Seperti diketahui, OJK mendefinisikan bank digital sebagai Bank Berbadan Hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha yang utamanya melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik atau kantor pusat, atau dapat menggunakan kantor fisik yang terbatas. ini artinya semua stakeholder terSumber para bankir harus siap meng-upgrade diri dalam menjawab semua tantangan digital ini.

Ketua IBI Haryanto T Budiman menilai bahwa kebutuhan jasa perbankan hingga 30 tahun ke depan masih akan tetap ada. Namun, cara melayani bank melayani nasabah akan berbeda karena proses digitalisasi.

“Inovasi dalam teknologi juga akan terus mengalami kemajuan, hanya dengan satu tombol saja semua bisa langsung terjadi. Terbukti di tengah pandemic covid-19 proses perbankan bisa dilakukan dengan cepat,” paparnya, Rabu (26/1/2022).

Timothy Utama, Managing Director Bank Mandiri, mengungkapkan perusahaan tidak mau ketinggalan dalam bertransformasi ke dunia digital. MeSumberi usia 23 tahun Bank Mandiri telah melakukan lompatan besar untuk menyediakan solusi perbankan digital kepada nasabah.

Sementara itu, CEO Bank Jago Karim Siregar menuturkan langkahnya dalam memilih Bank kecil untuk dirubah menjadi bank digital dan memberikan layanan digital di era transisi membuat Bank Jago langsung melesat.

Direktur information Technology Bank Syariah Indonesia Achmad Syafii menuturkan sebagai sebuah bank merger yang lahir pada era digital tentu menjadi tantangan tersendiri bagi BSI, di satu sisi upaya penyeragaman layanan, SDM, dan identitas nasabah adalah prioritas utama BSI dalam tahun pertamanya, namun disisi lain BSI tidak boleh ketinggalan dalam dalam mengupgrade diri atau bertransformasi kearah digital.

Banker Dialogue ini sendiri rencananya akan digulirkan rutin setiap bulannya melalui streaming kanal official youtube IBI, namun tidak menutup kemungkinan kedepannya juga hadir di televisi terrestrial.



Sumber / Bisnis.com
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->