Kamis, 4 Februari 2021

7 Mata Uang Terkuat di Dunia yang Mengalahkan Dollar AS


FINROLL.com – Jika bertanya apa mata uang tertinggi di dunia, banyak orang mungkin akan menjawab kalau mata uang tertinggi di dunia adalah pound sterling milik Inggris.

Pound sterling memang menjadi mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Namun itu beberapa puluh tahun silam, saat ini sejumlah mata uang mulai menggeser nilai tukar pound sterling.

Berikut daftar 7 mata uang tertinggi di dunia yang nilainya mengalahkan dollar AS seperti dilansir dari Remitr, Jumat (20/11/2020).

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait sejauh ini jadi mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Mengutip data perdangan valas terbaru, untuk 1 dinar Kuwait nilainya setara dengan 2,47 pound sterling.

Sementara jika dibandingkan dengan dollar AS, 1 dinar Kuwait setara dengan 3,27 dollar AS atau jika dirupiahkan menjadi sebesar Rp 46.510.

Tingginya nilai mata uang dinar Kuwait tak lepas dari kebijakan bank sentralnya yang memberlakukan nilai tukar tetap. Faktor Kuwait sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar juga jadi alasannya.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain jadi mata uang dengan nilai tertinggi di Planet Bumi di urutan kedua. Nilai 1 dinar Bahrain sama dengan 2,65 dollar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 37.680. Bahrain sendiri merupakan negara kecil yang kaya minyak dengan penduduk hanya berjumlah sekitar 1 juta orang. Sebagaimana Kuwait, nilai tukar dinar Bahrain berani dipatok sangat tinggi karena sumber pendapatan terbesarnya berasal dari ekspor minyak.

3. Rial Oman (OMR)

Jababeka industrial Estate

Rial Oman ada di urutan ketiga sebagai mata uang dengan nilai tukar paling tinggi. Untuk setiap 1 riyal Oman setara dengan 2,6 dollar AS atau sama dengan Rp 36.900.

Saking tingginya mata uang Oman, pemerintah dan bank sentral negara tersebut sampai harus mengeluarkan uang kertas dengan pecahan 1/4 dan 1/2 rial untuk mengakomodasi transaksi yang bernilai kecil.

4. Dinar Yordania (JOD)

Mata uang dengan nilai terkuat selanjutnya ditempati oleh dinar Yordania. Untuk 1 dinar Yordania dihargai sebesar 1,41 dollar AS atau sama dengan Rp 20.030.

Sulit untuk menjelaskan alasan kenapa dinar Yordania dipatok sangat tinggi mengingat Yordania bukan negara penghasil minyak besar sebagaimana 3 negara teratas pemilik mata uang tertinggi sejagat.

5. Pound sterling Inggris (GBP atau £)

Pound sterling Inggris menjadi mata uang terkuat di Benua Eropa sekaligus sebagai mata uang dengan nilai tertinggi di dunia di urutan kelima.

Dalam sejarahnya, pound sterling pernah menjadi mata uang tertinggi sebelum digeser oleh 4 negara yang pernah jadi koloninya. Untuk setiap £ 1 bernilai sama dengan 1,33 dollar atau sama dengan Rp 18.715.

6. Dollar Kepulauan Cayman (KYD)

Kepulauan Cayman atau Cayman Island adalah pemilik mata uang terkuat yang berada di posisi keenam. Nilai KYD 1 sama dengan 1,3 dollar AS atau sama dengan Rp 17.000.

Kepulauan Cayman selama ini dikenal sebagai negara surga pajak dan salah satu pusat keuangan lepas pantai paling dominan di dunia. Negara ini jadi tempat orang-orang kaya dan perusahaan-perusahaan besar dunia menempatkan uangnya.

7. Euro Uni Eropa (EUR atau & euro;)

Sebagai salah satu mata uang utama di dunia, EUR menjadi mata uang yang nilai tukarnya di atas dollar AS dan berada di urutan ketujuh sebagai mata uang terkuat.

Untuk setiap € 1 sama dengan 1,18 dollar AS atau jika dirupiahkan saat ini nilainya sama dengan Rp 16.850.

BACAAN TERKAIT