Selasa, 5 Oktober 2021

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 5 Oktober 2021


Financeroll, JAKARTA – Nilai tukar rupiah diperkirakan kembali ditutup menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (5/10/2021).

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan pergerakan rupiah masih akan berfluktuasi hari ini dengan kecenderungan ditutup menguat lagi pada rentang Rp14.250 – Rp14.290.

Adapun pada perdagangan kemarin, Senin (4/10/2021), rupiah ditutup terapresiasi 0,29 persen menjadi Rp14.266 per dolar AS menyusul pelemahan dolar.

Ibrahim mengatakan pelemahan dolar AS salah satunya berasal dari komentar pejabat Bank Sentral AS bahwa The Fed sepertinya membutuhkan satu tahun atau lebih lama sebelum dapat menaikkan suku bunga.

“Gubernur Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan pada Jumat bahwa kondisi kenaikan suku bunga dapat dipenuhi pada akhir 2022, dengan inflasi diperkirakan akan kembali ke target Fed pada 2022,” tulis Ibrahim dalam riset harian, Senin (4/10/2021).

Selain itu, investor juga tengah menunggu keputusan dari beberapa bank sentral dunia seperti di Australia, Selandia Baru, dan India.

Dari dalam negeri, optimisme pelaku pasar terhadap data pertumbuhan ekonomi di kuartal III/2021 yang masih positif walau tak setinggi realisasi kuartal II/2021 dinilai menambah daya rupiah.

“Perbaikan aktivitas sisi produksi terjadi sangat cepat. Ini sejalan dengan kemajuan pengendalian pandemi Covid-19 yang juga berjalan sangat cepat dan efektif,” tulis Ibrahim.

Adapun, kemajuan tersebut akan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam beraktivitas sejalan langkah pemerintah untuk melakukan pembukaan bertahap dengan menurunkan level PPKM Jawa-Bali.

CIMB NIAGA


Masuk / Daftar

Sumber : Bisnis.com

Komentar

mood_bad
  • Belum ada komentar.
  • Tambahkan komentar

    BACAAN TERKAIT