Bulog Impor 22.000 Ton Daging Kerbau dari India

  • Bagikan
daging kerbau india
daging kerbau india

Sebanyak 22.000 ton daging kerbau asal India akan masuk ke Indonesia Maret 2021 ini. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kontrak pengadaan daging asal India oleh Perum Bulog untuk periode Maret hingga Juni 2021.

“Saya belum update untuk kedatangannya, tetapi diperkirakan Maret ini,” ujar Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaluddin Iqbal seperti dikutip dari Kontan, Senin (22/3/2021).

Awaluddin mengatakan, daging kerbau asal India ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hingga Juni.

Dengan adanya daging kerbau asal India ini sebut dia, diharapkan pasokan daging selama puasa dan Lebaran aman.

“Adapun, sepanjang tahun ini Bulog mendapatkan kuota impor daging kerbau asal India sebanyak 80.000 ton”

Keputusan impor itu merupakan penugasan pemerintah untuk menjaga ketersediaan pangan. Nantinya, realisasi impor pun akan dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, Ketua Komite Tetap Industri Peternakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Yudi Guntara Noor meminta pemerintah untuk memastikan kapan pemasukan daging impor dilakukan.

Hal tersebut untuk menjamin ketersediaan pasokan dan harga daging sapi saat puasa dan Lebaran tahun ini.

“Ini juga menjadi dilematis pada saat tidak ada kepastian. Pemerintah harus secepatnya selesaikan ini, kepastian kapan masuk. Jadi harus sinkron. Kami misalnya di industri feedlot karena keterbatasan impor, kami memobilisasi sapi lokal meskipun terbatas jumlahnya. Tapi saat yang sama BUMN yang memiliki hak eksklusif untuk datangkan daging itu harus juga tepat waktu dan komit untuk mendatangkan ” ujar Yudi.

Sumber Berita : Kontan.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

-->