[gtranslate]

Ridwan Kamil Sebut Sektor Bisnis Peternakan Jabar Sangat Potensial, Kenapa?

  • Share
Ridwan Kamil Sebut Sektor Bisnis Peternakan Jabar Sangat Potensial, Kenapa?

Finroll.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengajak seluruh masyarakat Jabar untuk serius menekuni bisnis peternakan. Ini dikarenakan potensi bisnis dan pangsa pasar yang besar.

“Peluang bisnis peternakan itu luar biasa besar karena kita kekurangan daging sapi 370 ribu ton, kekurangan ayam, ikan dan sebagainya,” ungkap Emil selepas pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) peternakan rakyat di kantor BRI Garut, baru-baru ini.

Peluang bisnis peternakan di Jabar disebut Emil sangat potensial. Mengingat belum sebandingnya pasokan dari peternak lokal dengan permintaan masyarakat.

”Oleh karena itu, kalau mau jadi entrepreneur yang paling gampang dari sisi peluangnya, tidak usah usaha cari-cari, peluangnya adalah peternakan,” tambahnya.

Ia mencontohkan, kebutuhan daging sapi masyarakat Jabar per tahun sekitar 130 ribu ton, namun pasokan peternak lokal baru bisa mencukupi sebesar 46 ribu ton. Sehingga ada peluang sebanyak 80 ribu ton lagi.

Baca Lainnya: Ridwan Kamil Luncurkan Kampung Perikanan Digital di Indramayu

Begitu juga dengan kebutuhan telur ayam Jabar yang tiap tahunnya mencapai 500 ribu ton, namun baru bisa tercukupi peternak lokal sebesar 172 ribu ton.

”Makanya, sebarkan ini ke anak-anak milenial untuk mulai bisnis beternak secara optimal,” sambungnya.

Sementara dalam mendukung masyarakat Jabar untuk terjun berbisnis di sektor peternakan, Emil menegaskan akan menjadi penghubung antara pelaku usaha dengan akses permodalan. Salah satu upayanya adalah dengan kemudahan penyaluran KUR dengan bunga 7 persen.

Sumber: Republika

  • Share
-->